Kuliner

Buah Sotul, Harimonting, Sanduduk, Andaleat Buah Khas Tanah Batak

Beberapa tumbuhan ini sudah ada sejak dulu dan bukan suatu tumbuhan yang dibudidayakan. Tanpa disadari tumbuhan ini telah memberikan manfaat  yang sangat banyak bagi kesehatan dan pertumbuhan kita waktu anak-anak di kampung sehingga tidak kekurangan vitamin.

Mari kita bahas satu persatu tumbuhan yang kita kenal waktu di kampung Batak.

1. Harimonting

Harimonting adalah salah tumbuhan yang sangat terkenal dikalangan orang Batak, buah harimonting yang dimakan oleh anak-anak menjadi penambah vitamin. Buah ini sering didapati di bukit-bukit. Tinggi harimonting ini sekitar 1 meter sehingga mudah dijangkau anak-anak. Sedikit cerita, karena di kampung admin tidak ada hari monting kami rela anak-anak satu kampung pergi ke kampung orang lain untuk memanen harimonting. Dan uniknya harimonting dapat menambah jajan saya waktu anak-anak, karena harimonting ini dijual ke teman sekolah SD dulu 1 kantong plastik seribu rupiah.

Harimonting yang rasanya manis dan berwarna ungu, sehingga membuat anak-anak sangat suka dengan buah ini, namun harimonting ini memiki dampak negatif yaitu kelebihan vitamin T yaitu jika terlalu banyak memakannya maka anda akan sulit untuk buang air besar, itu mungkin disebabkan mengerasnya biji harimonting di perut kita.

2. Sotul

Buah sotul bahasa indonesianya katanya buah kecapi. Rasanya asam, ada juga yang manis, buah ini juga merupakan buah legenda bagi anak sekolahan karena tumbuhan ini mengajarkan kita untuk memanjat dan melempar dengan baik, karena pohonnya yang sangat tinggi.

sotul

Sebenarnya ada cukup banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah ini, salah satunya adalah untuk dikonsumsi langsung, dijadikan manisan, selai, jelly marmelade, pengharum alami, dan chutney. Sementara itu dalam hal kesehatan, sotul juga memiliki kandungan zat polifenol. Zat polifenol inilah yang dipercaya bisa mencegah resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Tak hanya itu, juga diyakini bisa mencegah kepikunan dini atau Alzheimer.

Baca Juga  Resep Memasak Tanggo-Tanggo Khas Batak

3. Andaleat

Bentuknya sama seperti sotul namun buah ini sangat manis dan bergetah, buah andaleat ini sering juga dijual di pasar/ onan. Namun sekarang ini tumbuhan ini suudah jarang ditemukan.

4. Sanduduk

Sanduduk adalah tumbuhan yang memiliki banyak kemiripan dengan harimonting. Tumbuh di daerah padang rumput, tingginya sedikit lebih pendek dari harimonting, daunnya lebih lebar dan terdapat bulu-bulu halus. Buahnya lebih kecil berwarna merah dan kalau sudah matang akan pecah dan isinya yang berwarna ungu kehitaman bisa dimakan. Rasannya “sapot”.

sanduduk

Tulisan ini merupakan pendapat admin, jika ada teman-teman yang mau menambahkan buah yang sering dimakan waktu anak-anak boleh dikomen di bawah.

Facebook Comments
Hitabatak
Berbagi informasi menarik tentang Batak.
http://www.hitabatak.com