Artikel

Kemiripan Suku Batak dan Suku Toraja

Keberagaman suku yang ada di Indonesia, seperti suku Jawa, Batak, Padang, Nias, Sunda, Manado dan banyak lainnya membuat Indonesia kaya akan budaya. dari Berbagai suku, ada suku yang bisa dibilang mirip seperti suku Batak dan Toraja. Berikut Ulasan kedua suku tersebut.

 

Rumah Adat

Rumah adat Batak dan rumah adat toraja memiliki kemiripan bentuk dan juga seni ukiran yang ada pada rumah tersebut, seperti gorga (Batak) dan neq limbogan (Toraja).

Rumah Adat Batak

Rumah Adat Toraja

Budaya

Dalam upacara adat Batak dan Toraja  sama- sama melambangkan kerbau adalah hewan yang sering dikorbankan pada upacara-upacara adatnya seperti upacara kematian (rambu solo’,marapu, tiwah, saur matua dan mangokal holi), atau pembangunan rumah adat.Pada umumnya banyaknya kerbau yang disembelih pada suatu upacara adat menggambarkan kemampuan keluarga atau tingginya status sosial seseorang di masyarakat. Kegiatan tersebut secara simbolis tergambar pada banyaknya tanduk kerbau yang dipajang pada rumah adat.

Upacara Adat Batak
Upacara adat toraja

 

Tari

Tari tor tor di Batak, ada juga kemiripan dengan tari rambu solo dan juga pakaian adat seperti baju Ulos (Batak) dan baju Pokko’ (Toraja)

Tari Tortor

 

Tari Rambu Solo

Marga

Ada beberapa Marga batak yang kebetulan sama, dan ada juga yang hampir mirip tapi tidak sama dengan Marga Toraja. Persamaan ini lebih tepat disebut kemiripan bunyi atau pun tulisan.
Misalnya : Marga Limbong : Limbong, Palimbong
Misalnya : Marga Tobing : Toding, Pakpahan : Pahan, Pulungan : Palengan, Aritonang : Aitonam, Pardede : Pirade, dll.
Untuk Marga Sipayung sering dikatakan juga ada di Toraja, kemungkinan adalah keturunan dari perantau Batak (Simalungun) yang mungkin dulu pernah menikah dengan wanita Toraja dan berketurunan di Tanah Toraja. Marga Sipayung ini menurut catatan orang Toraja tidak termasuk dalam himpunan keluarga besar marga asli Toraja.

Facebook Comments
Baca Juga  Permainan Yang Sering Ditemukan DI Bonapasogit Saat HUT RI
Hitabatak
Berbagi informasi menarik tentang Batak.
http://www.hitabatak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.