Travel

Yuk, Kita Liat Hari Pokkan / Onan Di Sekitaran Tapanuli

Hari Pokkan adalah hari dimana banyak orang ramai mengunjungi suatu tempat, dengan tujuan jual-beli. Di daerah Tapanuli, beberapa daerah memiki hari onan tersendiri. Dan pada hari tersebut, ibu-ibu pergi belanja untuk mencukupi kebutuhannya dalam satu minggu, karena biasanya hari pokkan itu adalah sekali seminggu.
Di hari pokkan ini juga banyak kegiatan seperti tempat bermain anak, ibu-ibu mulai menjual hasil panennya dari kebun, seperti kopi, cabai, cokelat, andaliman, dan banyak lainnya, Bapak-Bapak pergi untuk makan makanan yang enak, dan di hari ini juga banyak permintaan anak-anak kepada ibunya, seperti beli baju,sepatu.

Yang istimewa di hari pokkan ini adalah, makanan di rumah pada hari tersebut bisa dipastikan semuanya enak, karena ibu-ibu pasti beli daging Kerbau,B2, atau Ayam. Dan pada hari ini juga perbaikan giji, seperti makan buah, minum sendor, dan makanan lainnya.

Buat anda yang belum tahu, kapan hari pokkan di sekitaran Tapanuli,berikut hari pokkan yang ada di sekitaran tapanuli:

1. Hari Senin
Hari Senin, onan untuk daerah sekitaran Laguboti,Laguboti adalah sebuah memiliki luas wilayah 73,90 kmĀ² atau 3,66% dari total luas Kabupaten Toba Samosir. Anda pergi ke lagu boti pada hari senin, itu dipastikan macet, karena banyak orang yang melintasi sepanjang jalanan kota laguboti, ddan banyaknya penjual di pinggiran jalan kota laguboti.

2. Hari Selasa
Onan untuk daerah Siborong-borong, Semua tempat di huta Siborongborong kota dipadati penjual mulai dari terminal, sampi ruas jalan utama dipakai untuk berdagang. Membuat kendaraan yang hendak melintasi Siborongborong macat total. Kesempatan inilah dipergunakan sebagian masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari selama satu minggu. Hasil pertanian seperti kacang, kopi, beras, pakaian, dan hasil ternak ikan, ayam kampung dijual disini. Dan saat ari pokkan ini jangan lupa untuk beli lappet ombus-ombus.

Baca Juga  Bandara Silangit Telah Menyiapkan Rute Singapura Ke Silangit

3. Hari Rabu
Onan Untuk daerah sekitaran Porsea, Porsea adalah salah satu kota yang berada di sekitaran pinggiran danau toba, pada hari rabu, banyak ibu-ibu yang menjual ikan mujahir hasil tangkapan dari danau toba, dan juga menjual dali ni horbo, dari berbagai tempat di sekitaran porsea akan berkumpul di kota porsea ini pada hari rabu untuk menjual hasil panen, dan membeli kebutuhan makan satu minggu ke depan.

4. Hari Jumat
Pasar Balige akan sangat ramai pada hari jumat karena pada hari jumatlah hari onan di kota ini, kota balige merupakan Ibu kota dari kabupaten Tobasa, dan wajar kegiatan di sini sudah banyak yang berbeda onannya dari daerah lainnnya yang ada disekitaran Tobasa. Bisa dikatanya semuanya sudah tertata rapi, dengan adanya Balerong yang menyediakan tempat untuk para penjual, sehingga tidak memadati pinggiran jalan.

5. Hari Sabtu
Onan di Tarutung diadakan setiap Hari sabtu, yang ramai dikunjungi baik penjual dan pembeli bertransaksi di Pasar ini.

Facebook Comments
Hitabatak
Berbagi informasi menarik tentang Batak.
http://www.hitabatak.com