Adian Napitupulu : Pengembangan dan Pemanfaatan Danau Toba untuk Masyarakat

Hitabak.com/Toba Samosir,- Tokoh Batak Batak Nasional sekaligus Anggota DPR RI, Adian  Napitupulu hadir di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara pada Rabu 9 Oktober 2019.

Adian Napitupulu didampingi Basar Simanjuntak melakukan lawatan ke Toba samosir. Lawatan sebelumnya menghadiri acara pernikahan Liston Hutajulu anggota DPRD Tobasa, Dan sekaligus menggelar acara diskusi bertajuk ‘Kita Apainlah Danau Toba Ini’ di Hotel Marsaringar Balige. Pada Rabu (9/10)

Diskusi yang awalnya dikhususkan untuk kalangan Millenial ini diganti untuk semua kalangan masyarakat Sumatera Utara. Hal ini dikarenakan melihat animo masyarakat yang tinggi akan diskusi tersebut.

Para peserta Diskusi (Dok. Pemkab Tobasa)

Wakil Bupati Tobasa, Hulman Somosir yang mendampingi Adian dan Basar sebagai Narasumber dalam sambutannya.

Wabup Hulman menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Adian Napitupulu. ” pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membangun dan memperjuangkan hak hak rakyat “ ujar Hulman.

Dalam diskusi, Basar selaku moderator mengawali dengan menyampaikan progres kinerja BPODT di Kabupaten Toba Samosir dan juga beberapa persoalan yang dihadapi.

“Jadi tidak ada yang ditutup-tutupi, banyak kendala yang kami hadapi termasuk soal aksi unjuk rasa masyarakat,” katanya.

Adian mengatakan bahwa Danau Toba sebagai potensi yang dimiliki daerah Sumatra Utara tidak dimiliki daerah lain, tinggal bagaimana masyarakat dapat memanfaatkannya.

“Kalau kita mau membangun harus tau dong potensi yang kita miliki apa. Potensi yang tidak dimiliki daerah lain, Danau Toba. Manfaatkan apa yg ada pada kita,” tegasnya.

Adian melanjutkan bagaimana kekayaan alam, Danau Toba, harus dijadikan sebagai penghasilan untuk mensejahterakan masyarakat di sekitar danau.

“Bukan hanya konsep dari Jokowi maupun Bupati dan BPODT mengenai Industri wisata di Danau Toba yang sangat tepat sekaligus solusi meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar danau melainkan merupakan konsep bersama tentu harus dilanjutkan,” ujar Adian.

Sesi Diskusi (Dok. Pemkab Tobasa)

 

Selanjutnya dalam kesempatan diskusi, berbagai pertanyaan dan tanggapan dari peserta diskusi disampaikan.

Facebook Comments