fbpx

Ansipasi Penyebaran Covid-19, Wedang Jahe di Produksi guna Tingkatkan Stamina Masyarakat Taput

Tapanuli Utara – Didampigi Satika Nikson Nababan Boru Simamora, Nikson Nababan selaku Bupati Tapanuli membuka Dapur Umum untuk produksi Minuman Sehat Wedang Jahe dalam upaya membantu masyarakat meningkatkan stamina dan imunitas dalam menghambat penyebaran virus Covid-19 yang akan dibagikan kepada masyarakat Tapanuli Utara melalui Camat dan Kepala Desa, di Gedung Nasional Tarutung, Selasa (24/03).

Nikson dalam sambutannya mengatakan tujuan dari produksi Minuman Sehat Wedang Jahe selain meningkatkan stamina masyarakat untuk alternatif atas kelangkaan APD (Alat Pelindung Diri).

“Di tengah kelangkaan APD (Alat Pelindung Diri), di samping memproduksi masker, disinfektan dan wastafel mobile, juga ada upaya Pemerintah untuk membantu masyarakat meningkatkan stamina masyarakat lewat minuman sehat berupa wedang jahe yang sebenarnya bahan dasarnya gampang didapatkan. Tetapi saat ini bahan dasar minuman sehat ini juga mengalami kenaikan harga dan sulit di dapatkan,” ujar Bupati mengawali sambutannya

Nikson juga menghimbau kepada masyarakat untuk kembali membudidayakan Taman Obat Keluarga untuk nantinya digunakan maupun diproduksi untuk digunakan sebagai obat herbal dan meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh.

“Saya himbau kepada seluruh masyarakat agar membangkitkan kembali budaya Toga (Taman Obat Keluarga), seperti kunyit, jahe, serei, temulawak, daun sirih dan tanaman obat herbal lainnya. Ini tanaman obat alami untuk meningkatkan stamina tanpa resiko kimiawi dan bisa digunakan setiap saat dan selalu segar. Setiap saat mau digunakan tinggal ambil di taman dan masing masing keluarga bisa meracik masing masing,” ujar Nikson.

Terakhir Nikson mengatakan Dapur umum akan dibuka setiap hari untuk terus memproduksi wedang jahe masyarakat.

“Untuk itu, saat ini juga Pemerintah bersama PKK Kabupaten Tapanuli Utara turun tangan membuka dapur umum untuk menyediakan wedang jahe bagi masyarakat yang saat ini kesulitan mendapatkan dan membuat sendiri. Kalau bisa membuat sendiri, silahkan ya. Kita akan produksi tiap hari, terutama bagi masyarakat yang tidak bisa membuat sendiri, seperti lansia. Mari kita lawan bersama Penyebaran Virus Covid-19 ini, segala upaya kita lakukan dan tetaplah tinggal di rumah, hindari keramaian,” seru Nikson.

Baca Juga  DI Sumut Total pasien ODP COVID-19 tercatat 18 orang dan 3 orang pasien PDP
Facebook Comments