Apa Benar Orang Batak Jago Nyanyi?

Orang Batak kebanyakan memang jago nyanyi, itu sih sudah seluruh Nusantara sudah tau. Indonesia Idol pada season pertama pernah merasakan kemegahan suara seorang Joy Tobing, selain itu ada banyak penyanyi top di negeri ini yang merupakan etnis Batak seperti Eddy Silitonga, Rita Butar-butar, Jack Marpaung, Judika Sihotang dan banyak lagi.

Advertisements

Penasaran apa yang  membuat suara orang Batak itu kencang-kencang, entah memang merdu atau lumayan merdu?

1.Sebagian dari  Kehidupan Orang Batak selalu Dicurahkan dalam Bentuk Lagu.

Jika anda bertanya kepada orang Batak, ada berapa banyak jenis lagu orang Batak? Pasti waktu dua hari tidak cukup untuk menjelaskannya, kecuali anda tahan mendengarnya. Semua kehidupan orang Batak dituangkan dalam bentuk lagu, mulai dari kelahiran, menjadi anak remaja, dewasa, sukses, pernikahan, percintaan, silsilah, pujian, alam lingkungannya, profesinya, marganya, namanya, hingga meninggal juga tetap ada lagu yang berhubungan dengan hal tersebut. Suka duka selalu dicurahkan dalam bentuk nyanyian. Sehingga secara tidak sadar, banyak orang Batak yang menjadi composer lagu “tidak resmi” karena mampu menciptakan lagu dan alunan not secara tersendiri.

2.Suku Batak Memiliki Kepala yang Rongga Sinus Wajahnya lebih besar Jika Dibandingkan dengan Orang dari Suku Lain.

Ternyata orang-orang Batak kebanyakan memiliki rongga sinus wajah yang relative lebih besar daripada orang-orang pada umumnya.

Sebagai penjelasan, tulang wajah kita diciptakan oleh yang diatas tidak berupa tulang yang padat 100% melainkan di beberapa lokasi terdapat rongga kosong yang disebut sinus. Secara umum ada 4 pasang sinus di wajah kita yaitu sinus frontalis (dahi), maksilaris (pipi), ethmoidalis (hidung) dan sphenoidalis (dasar otak). Sudah lama hal tersebut diketahui di dunia medis tapi sudah lama pula kami tidak mengetahui dengan pasti apa fungsi rongga-rongga aneg tersebut, karena prinsipnya apa yang dibuat Tuhan tidak pernah tanpa penjelasan yang mengagumkan. Salah satu teori mengatakan bahwa sinus-sinus tersebut berperan penting dalam resonansi saat bersuara atau bernyanyi.
Dalam dunia tarik suara saya kira ada 3 hal dasar yang penting dimiliki oleh seorang penyanyi yaitu segi teknik menyanyi termasuk teknik pernapasan, timbre (warna suara) yang mungkin berupa bakat bawaan dan resonansi (segi organik atau anatomik). Resonansi ini sudah lama diduga berkaitan dengan suara-suara yang berdentang di dalam rongga-rongga sinus. Dan bisa jadi rongga sinus yang besar-besar dari rekan-rekan kita yang orang Batak membuat resonansi mereka jauh lebih baik sehingga suara mereka lebih menggelegar saat menyanyi. Tapi tentunya untuk benar-benar menjadi penyanyi kita tidak harus membutuhkan resonansi yang besar semata melainkan juga segi teknis dan juga timbre yang khas.

3. Menyanyi Adalah Hal Biasa Bagi Orang Batak, Sejak Usia Dini Orang Batak sudah Mahir Bernyanyi.

Mulai dari kecil udah dengar lagu dengan keras keras. setiap mungkin satu keluarga harus mendengarkan lagu dulu sebelum pergi beraktivitas.
Dan Karena mayoritas Kristen anak yang kecil juga sudah diajarkan menyanyikan lagu rohani. Jika di gereja mereka sudah pasti bernyanyi apapun lagu yang dianggap sebagai nyanyian pujian. Disekolah sudah pasti disuruh nyanyi oleh guru setiap pagi, dirumah sering karaokean bersama keluarga. Jadi, lama kelamaan tumbuh sebuah bakat terpendam yang secara tidak sadar telah diasah melalui sebuah kebiasaan.

Facebook Comments

About Hitabatak

Berbagi informasi menarik tentang Batak.

View all posts by Hitabatak →
Loading...