Attarasa Tanaman Khas Batak yang Banyak Guna

Andaliman, bumbu yang dipake untuk arsik, napinadar, naniura, natinombur, segala macam kare, pokoknya hidup tak seru tanpa andaliman. Andaliman adalah tanaman origin (native) dari SUMUT dengan pohon berbentuk semak dan berduri.

Attarasa, buahnya mirip juga dengan lada, halus kulitnya tidak keriting seperti andaliman. Rasanya mirip dengan andaliman, namun rasta nyengat (mangampir) itu tidak sekuat andaliman.

Antarasa mungkin tidak bisa digunakan sebagai pengganti andaliman untuk naniura, namun bagus untuk memberi pembangkit rasa untuk ditabur dengan nasi putih, atau sebagai penambah rasa untuk salada tomat.

Buah attarasa berbentuk bulat kecil berwarna hijau berkulit licin, sering kami pakai untuk bermain perang-perangan menggunakan alat yang kami sebut dengan “ultop“. Permainan masa kecil ini kami sebut “marultop“. Ultop adalah senjata mainan yang biasanya kami buat sendiri dari bahan bambu yang ukurannya kecil. Bambu yang digunakan bisa bambu hijau atau bambu kuning karena ukurannya yang kecil dan pasa untuk membuat mainan ini.

Bentuknya memang agak mirip dengan andaliman bumbu batak yang sudah dikenal luas dan rasanya juga hampir sama tetapi tidak sekeras andaliman. Buah attarasa ini termasuk dalam jenis rempah-rempah karena mengandung kandungan atsiri.

Sama seperti andaliman buah attarasa ini bisa dijadikan bahan untuk membuat sambal yang akan memberikan nuansa rasa yang khas yang akan memberikan nuansa menyengat saat memakan sambal dari bahan ini.

Tanaman ini saat ini sudah semakin langka dan sulit ditemukan, namun ada kabar baiknya jika saat ini Balitbang LHK Aek Nauli sudah melakukan upaya untuk memperbanyak tanaman ini agar tidak sampai punah.

Facebook Comments
Baca Juga  Aktivis Larshen Yunus Simamora: “17 Agustus 2017 adalah Momentum Untuk Menjerakan para Koruptor”

About Hitabatak

Berbagi informasi menarik tentang Batak.

View all posts by Hitabatak →