Bandara Sibisa terus dibangun demi Kemajuan Danau Toba

Hitabatak.com/Samosir – Dalam rangka upaya pengembangan dan pemanfaatan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia. Semua infrastruktur terus dibangun dan dikembangkan. Tidak ketinggalan salah satunya bandara yang semakin mempermudah akses masuk untuk menikmati keindahan Danau Toba. Setelah beroperasi kembali semenjak bulan April Bandara Sibisa terus mengalami pengembangan dan perluasan.

Bandara Sibisa terletak di Kecamatan Sibisa, Kabupaten Toba Samosir. Bandara Sibisa saat ini memang hanya hanya sebagai bandara perintis, namun sedang dalam peningkatan kualitas maupun kuantitas oleh pemerintah, tentunya dengan pengembangan fasilitas dan infrastruktur.

Kementerian Perhubungan, melalui manajemen Bandara FL Tobing di Tapanuli Tengah dalam hal ini  Kepala Bandara FL Tobing, Farel Tobing. Farel Tobing menjelaskan ada tiga tahap dalam pembangunan Bandara Sibisa.

Pertama, yang hingga kini masih berjalan, menjadikan panjang landasan hingga 1.630 mer. Tujuannya agar bisa menampung pesawat jenis ATR dengan kapasitas penumpang 75 orang.

Lalu tahap kedua, menjadikan panjang landasan hingga 2.000 meter. Ditargetkan rencana ini terwujud tiga tahun ke depan. Tahap ketiga atau terakhir, membangun landasan menjadi 2.500 meter.

“Sebenarnya ada dua pilihan Bandara Sibisa dibangun, antara pendaratan pesawat jenis B737-500 dengan jet pribadi, masih dievaluasi. Belum ada keputusan,” jelasnya.

Farel juga meneruskan bahwa saat ini bandara Sibisa sudah ada penerbangan dengan pesawat jenis Aviesta secara rutin satu kali dalam seminggu dengan jalur dari Gunung Sitoli, setiap hari Jumat dengan kapasitas penumpang sebanyak 18 orang.

Kedepan pembangunan infrastruktur harus terus dipercepat agar sesegera mungkin tuntas pembangunannya. Selain persiapan landasan, juga perlengkapan terminal serta fasilitas penerbangan lainnya. Dibutuhkan kesiapan infrastruktur yang maksimal agar Danau Toba benar-benar menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Facebook Comments
Baca Juga  Priscilla Hertati Lumban Gaol Kibarkan Merah Putih di Myanmar