Berkunjung Ke Danau Toba Jangan Lupa Dengan Makanan Khas Batak Ini

Berkunjung ke suatu destinasi wisata tidak akan lengkap jika tidak mencicipi makanan khas di daerah tersebut. Begitu halnya jika anda berkunjung ke Danau Toba. Banyak aneka ragam makanan khas Batak yang patut dicoba. Tentu diseluruh daerah Sumatera Utara makanan ini banyak ditemukan. Yang pasti jangan lupa untuk mencari makanan ini jika berkunjung ke pesisir Danau Toba bahkan ke Pulau Samosir. Ikan segar yang ditangkap langsung dari danau juga mempengaruhi rasa. Kita bahas satu-satu. Beberapa makanan khas Batak yang wajib dicoba jika berkunjung ke Danau Toba.

Arsik

Arsik adalah salah satu masakan khas Batak yang paling banyak digunakan pada saat acara adat. Arsik ini sendiri berbahan dasar ikan seperti ikan mas, nila dan ikan mujahir. Biasanya ikan ini ditangkap langsung dari Danau Toba. Untuk menciptakan rasa dan aroma yang khas, biasanya proses memasak ikan ini ditambahkan dengan andaliman sejenis rempah untuk menciptakan rasa pedas hangat yang membuat lidah seakan bergetar. Jenis rempah ini sangat terkenal di daerah Batak. Bisa disajikan dengan berkuah atau pun agak sedikit kering. Rasa tidak perlu ditanya, mantap dengan campuran bumbu dan kematangan yang tepat.

Naniura

Naniura bisa dikatakan seperti sushinya orang Batak. Naniura tidak dimasak, digoreng ataupun direbus. Makanan ini berbahan dasar ikan mas, ikan nila atau pun ikan mujahir. Disajikan dengan bumbu yang lengkap yang akan membuat ikan tersebut lebih enak dirasa tanpa dimasak. Dengan kata lain bahwa bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan tersebut. Biasanya naniura sedikit lebih asam karena memang untuk proses pematangannya menggunakan asam.

Natinombur

Natinombur adalah ikan yang disiram dengan bumbu. Bumbu untuk ikan hampir sama dengan arsik, hanya saja bumbu bakar. Berbahan dasar ikan yang dibakar, biasanya menggunakan ikan nila atau pun mujahir. Untuk rasa, ditambahkan dengan andaliman, untuk penyuka pedas bisa menambahkan cabe atau andaliman untuk rasa yang lebih nikmat.

Baca Juga  Wisatawan Akan Banyak Datang Dengan Interkoneksi Wisata Danau Toba-Sibolga-Nias

Manuk (ayam) Napinadar

Ciri khas makanan ini adalah ayam dan andaliman. Manuk Napinadar menjadi salah satu makanan favoriteku. Ayam dibakar dan kemudian dibumbui dan dicampurkan dengan darah segar ayam itu sendiri dengan proses kematangan yang pas. . Akan lebih nikmat jika dibuat dengan agak pedas namun bisa disesuaikan dengan selera. Benar-benar buat rindu untuk pulang.

Babi Panggang

Makanan ini menjadi makanan yang paling disukai banyak kalangan untuk penyuka makanan tidak halal. Berbahan dasar daging babi. Disiram dengan sedikit asam sebelum dipanggang. Daging babi akan matang dengan sempurna ketika perlahan-lahan lemak dari daging keluar. Tentunya babi panggang akan lebih enak jika dagingnya memiliki lemak tidak hanya dagingnya saja. Daging disajikan dengan bumbu darah (darah babi yang sudah dimasak dicampur dengan bumbu) yang sudah dimasak ditambah dengan sayur daun ubi dan tulang sup babi. Bahkan dengan bumbu cabe rawit yang dihaluskan dengan garam pun, babi panggang ini akan sangat nikmat.

Saksang

Saksang berbahan dasar daging babi(B2) atau pun daging anjing (B1). Saksang dimasak dengan bumbu khusus yang hampir mirip dengan bumbu napinadar dan proses memasaknya pun bisa dicampur dengan darah daging itu sendiri. Jika dibandingkan dengan panggang, biasanya saksang lebih banyak mengandung daging daripada lemak. Ciri khas makanan ini menggunakan andaliman yang menciptakan rasa panas pedas menggetarkan lidah. Soal rasa, MANTAP!

Tanggo-tanggo

Mirip dengan saksang, tanggo-tanggo biasanya berbahan dasar B1 dan B2, bedanya hanya pada ukuran. Masakan tanggo-tanggo dipotong lebih besar kira-kira sebesar kepalan tangan. Tanggo-tanggo biasanya menggunakan hewan yang lebih muda untuk menciptakan tekstur masakan yang tidak terlalu keras, sehingga bumbu meresap dan daging lebih empuk.

Baca Juga  Pemprov Sumut Bangun Kerja Sama dengan Dubes Malaysia

Dali Ni Horbo (Susu Kerbau) Khas Batak

Dali Ni Horbo adalah susu kerbau yang diolah secara tradisional dan cukup banyak ditemukan di daerah Batak. Sama dengan susu lainnya mengandung lemak, karbohidrat dan protein perbedaannya bahwa susu ini diolah tanpa mengandung bahan kimia. ? Proses membuat dali ni horbo ini tidak terlalu sulit. Susu kerbau cair dimasak pada api dengan suhu kecil sehingga tidak terlalu panas. Tambahkan sedikit garam sesuai selera. Kemudian susu cair akan mendidih pelan-pelan dan mengental. Masukkan perasan air daun pepaya hingga susu kerbau mengental seperti tahu. Namun akan lebih nikmat jika Dali ni Horbo ini dimasak seperti memasak arsik. Menambah aroma dan rasa nikmat pada susu.

Dan masih banyak lagi makanan Khas Batak yang belum disebutkan Seperti hare, itak gurgur, migomak dan tipa-tipa, lappet. Anda dapat mencicipi semuanya itu jika anda berkunjung ke daerah Danau Toba. Dan sebagaian dari makanan ini adalah makanan non-halal, mohon maaf kepada umat muslim yang sudah membacanya.

Facebook Comments