Dekranasda Sumut dukung Gerakan Pemerintah ‘Bangga Buatan Indonesia’

hitabatak.com > Artikel > Dekranasda Sumut dukung Gerakan Pemerintah ‘Bangga Buatan Indonesia’

Dekranasda Sumut dukung Gerakan Pemerintah ‘Bangga Buatan Indonesia’

Medan – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi mengajak seluruh pihak terkait untuk mendukung program pemerintah Gerakan Nasional “Bangga Buatan Indonesia”. Kampanye ini perlu terus digalakkan untuk menciptakan kesadaran, kecintaan dan kebanggaan terhadap produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan perajin/UMKM lokal.

Hal ini disampaikan Nawal saat membuka Rapat Kerja Dekranasda Sumut Tahun 2020 secara virtual, Senin (7/9), dari Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan. Turut hadir Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

“Dalam hal ini, kita Dekranasda sangat penting fungsinya dalam membantu pemerintah membina perajin untuk menghasilkan produk-produk kerajinan berdaya saing tinggi yang bisa menembus pasar dunia, sesuai dengan tema Raker kita hari ini yakni salah satunya percepatan digitalisasi pasar kerajinan menuju industri 4.0,” ucap Nawal.
Disampaikan juga, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pusat mengalami perubahan kepengurusan yang semula hanya 6 kementerian menjadi 11 kementerian. Hal ini disampaikan dalam Munas Dekranas yang diselenggarakan secara virtual pada tanggal 16 Agustus 2020.
Untuk itu, Dekranasda baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota juga perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian. Diharapkan, dinas-dinas yang baru bergabung dalam kepengurusan terlibat aktif dan memberikan kontribusi nyata demi kemajuan produk-produk kerajinan daerah.
“Normalnya, bertambah SDM atau personil tentunya dapat mempercepat perwujudan tujuan-tujuan kita. Jadi, kita harus lebih semangat. Untuk Dekranasda di kabupaten/kota, kami harapkan partisipasi aktif dari para OPD yang bergabung dengan kepengurusan,” ujar Nawal.
Ketua Harian Dekranasda Sumut Zonny Waldi menyampaikan tujuan pelaksanaan Raker adalah menyelaraskan AD/ART Dekranas Pusat dengan Dekranasda Provinsi dan kabupaten/kota, serta menyempurnakan program kerja yang nantinya akan dijadikan pedoman bagi organisasi Dekranas di kabupaten/kota se-Sumut.
“Adapun tema yang diangkat adalah Peningkatan Daya Saing SDM dan Produk Kerajinan serta Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajinan Menuju Industri 4.0. Tema ini mengandung makna bahwa Dekranasda selalu sejalan dengan kebijakan pemerintah yang secara berkesinambungan mengembangkan kerajian Indonesia dengan mendorong implementasi industri 4.0,” terang Zonny.
Raker yang diikuti oleh OPD terkait dan seluruh Dekranasda kabupaten/kota se-Sumut ini, lanjut Zonny, akan membahas beberapa agenda. Di antaranya, sosialiasai AD/ART mengikuti perubahan penambahan kepengurusan Dekranasda Sumut, penetapan program kerja Tahun 2018-2023 untuk sisa masa bakti dan menampung masukan program dari kabupaten/kota.
Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Hendra Dermawan Siregar yang juga hadir dan terlibat dalam kepengurusan menambahkan bahwa Biro Humas dan Keprotokolan akan senantiasa berpartisipasi aktif dalam mendukung perajin lokal dan memperkenalkan produk lokal melalui publikasi. Sehingga, karya-karya pengrajin di Sumut bisa lebih dikenal luas.
“Selain itu, kita juga akan aktif berkoordinasi dengan humas-humas Dekranasda di kabupaten/kota, serta memberikan pelatihan-pelatihan terkait komunikasi dan publikasi, sehingga tujuan percepatan digitalisasi pasar perajin semakin cepat terwujud,” tutup Hendra.
Adapun 11 OPD pendukung kegiatan Dekranasda Sumut yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak. Kemudian, dilakukan penambahan yakni Biro Umum dan Perlengkapan Setdaprovsu, Biro Bina Perekonomian Setdaprovsu, Biro Administrasi Pembangunan Setdaprovsu, Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, BPPRD Sumut, dan PT Bank Sumut. (*)
Baca Juga  Wisata Batu Hoda Beach Samosir Siap Sambut Wisatawan Pada Libur Imlek 2020

Aplikasi Hitabatak di Genggaman Anda

Download Sekarang di PlayStore.