Demi Kemajuan Desa Kemendesa Membangun Portal Online Untuk Setiap Desa

hitabatak.com > Artikel > Demi Kemajuan Desa Kemendesa Membangun Portal Online Untuk Setiap Desa

Demi Kemajuan Desa Kemendesa Membangun Portal Online Untuk Setiap Desa

Buat Anda yang rindu dengan keadaan desa anda, sekarang hadir portal online untuk seluruh desa yang ada di Indonesia, meskipun belum semuanya terupdate dengan sempurna. Situs yang memiki domain http://desa.kemendesa.go.id, merupakan situs milik Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, dimana kementerian ini baru ada di era kepresidenan Bapak Jokowi Widodo.

Aplikasi Desa Online menjadi salah satu Nawa Kerja Prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejalan dengan agenda prioritas pembangunan dalam konsep Nawa Cita Presiden dan Wakil Presiden, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka Negara kesatuan Indonesia.

Aplikasi ini dibangun dan diresmikan pada tahun 2015 merupakan aplikasi berbasis web yang menjadi gerbang untuk masuk ke masing-masing website Desa Online. Portal Desa Online berisi peta sebaran website desa online, konten agregasi kegiatan desa, dan konten agregasi produk unggulan desa.

Melalui desa online, dapat menjadi paguyuban seluruh desa yang sudah tergabung dalam portal desa online. Desa juga dapat menginformasikan kegiatan pemanfaatan penggunaan dana desa. Selain itu desa juga dapat mempromosikan produk atau potensi yang terdapat pada desa tersebut sehingga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Website Desa Online menampilkan informasi mengenai desa dan konten yang ditampilkan meliputi profil desa, kegiatan desa, produk unggulan desa, peta desa, statistik desa, perundangan desa, dan informasi lainnya.

Aplikasi ini akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi dan tentunya juga dari masukan-masukan berharga dari Desa yang menjadi user ekslusif kami.

Buat anda yang ingin melihat keadaan desa anda, boleh langsung mengujungi situs http://desa.kemendesa.go.id/ , disana anda bisa mencari berdasarkan kecamatan atau desa sendiri. Contohnya desa saya, Narumond VIII, kecamatan Siantar Narumonda, anda akan menemukan pencarian dengan desa Narumonda VIII, dan akan memiliki domain sendiri yaitu http://tobasamosirnarumondaviii.desa.kemendesa.go.id/home/index.

Baca Juga  6 Ragam Seni Budaya Batak Toba Beserta Gambar Dan Artinya
Screenshot Desa Narumonda VIII

Di portal ini anda akan melihat beberapa keunggulan dari desa tersebut serta kegiatannya juga, dan banyak informasi lain seperti siapa kepala desanya, dan juga map dari desa tersebut.

Buat anda yang pengen tahu keadaan desanya, boleh mengunjungi situs tersebut dan share apa keunggulan desa masing-masing di page hitabatak ya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Aplikasi Hitabatak di Genggaman Anda

Download Sekarang di PlayStore.