fbpx

Di Sibolangit Bunga Bangkai Langka Mekar

hitabatak.com/Deliserdang,-Disebuah kebun milik warga mekar sebuah bunga Bangkai langkah dengan jenis Amorphophallus titanium, tepatnya di Desa Tambunan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut

Adalah Yudha Pohan salah seorang warga yang menjelaskan mengenai tumbuhnya bunga langka tersebut di kebun warga secara tidak sengaja dilihat saat akan membersihkan areal kebun.

“Bunga bangkai itu ditemukan pertama kali oleh pemilik lahan, Arif Liasta Ginting, penemuan bunga bangkai langka itu terjadi saat Arif hendak membersihkan lahannya. Kemudian pria 54 tahun itu kaget melihat bunga bangkai tumbuh di lahannya.” kata Yudha, Jumat (3/1).

Dilansir dari laman berita analisadaily.com, lebih lanjut Yudha menjelaskan mengenai tinggi bunga Bangkai tersebut.

Yudha foto di  Bunga Bangkai Langkah yang sedang Mekar (Sumber ; Analisadaily.com)
Yudha foto di Bunga Bangkai Langkah yang sedang Mekar (Sumber ; Analisadaily.com)

“Diperkirakan, bunga bangkai sudah sekitar empat hari mekar. Tingginya sekitar 1,4 meter,” jelasnya.

Dikarenakan Bunga Bangaki hanya tumbuh sempurna dalam kurang satu minggu, bagi masyarakat yang ingin melihat Bunga Bangkai diperselihkan oleh Arif sang pemilik kebun.

“Masyarakat bisa lihat, dan demi perawatan juga serta jaga lingkungan sekitar, pelajar dikutip Rp 10 ribu dan umum Rp 15 ribu,” sebutnya.

Untuk diketahui, bunga bangkai jenis Amorphophallus titanium saat ini berstatus terancam punah. Tanaman ini suku talas-talasan endemik Pulau Sumatera.

“Tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Tanaman ini dapat menghasilkan bunga dengan ketinggian sekitar 4 meter,” terang Yudha.

Jenis bunga bangkai Amorphophallus Titanium terancam punah dan merupakan tanaman dari suku talas-talasan endemik Pulau Sumatera yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia yang dapat menghasilkan bunga setinggi 4 meter.

Facebook Comments
Baca Juga  Begini Tanggapan Eks Bupati Samosir Mengenai Peniadaan Festival Danau Toba tahun 2020