Dianjungan TMII digelar Festival Ulos dan Kain Tenun Sumut 2019

Hitabatak.com/Jakarta,- Dalam rangka mensosialisasikan dan melestarikan Ulos Batak dan Tenun Kain Provinsi Sumatera Utara sebagai salah bentuk kekayaan budaya asal Sumatera Utara dilaksanakan Festival Ulos dan Kain Tenun Sumatera Utara 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Anjungan Sumut Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Pada hari Sabtu (16/11).

Festival  Ulos dan Kain Tenun Sumatera Utara 2019 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi Sumut Nursalim Affan Hasibuan yang diwakili Plt Kasubbid Fasilitas Program Informasi dan Promosi Riza Marina Darus.

“Dalam melestarikan kekayaan budaya lokal, sangatlah penting untuk menjaga kekayaan budaya bangsa yang berfungsi untuk menguatkan ketahanan moral masyarakat,” sebut Nursalim dalam pidatonya.

Festival Ulos dan Kain Tenun Sumatera Utara 2019 mengangkat tema  “Merayakan Ulos, Mengingat Penenun dan Merawat Peradaban”. Festival ini pun sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun dari Badan Penghubung Daerah Provinsi Sumut yang sudah dimulai pada tahun 2017 yang lalu.

Festival ini bertujuan untuk mengupas makna, fungsi penggunaan dan pemakaian Ulos dari Batak Toba, Ulos dari Karo dan Kain Songket dari Melayu yang dirangkain dalam bentuk acara talk show.

Adapun pembicara dalam talk show adalah Retno Ayumi yang mewakili pemerhati dan pelaku budayawan Melayu, Andreas Milala Sembiring mewakili budayawan Batak – Karo dan DR HP Panggabean SH yang merupakan Ketua Perwakilan DPP Kerabat Kerukunan Masyarakat Batak,sekaligus budayawan Batak Toba yang dipandu oleh moderator Jesman Gultom dan Coan Puryanto Purba.

Acara Talk Show (Doc. Pemprov Sumut)

Tidak hanya acara talkshow, festival ini memperlihatkan beragam jenis Ulos, pagelaran tari cawan, dan fashion show dengan memperagakan busana 8 etnis daerah Sumatera Utara yang diperagakan oleh 15 orang modeling, peragaan busana pengembangan berbagai ulos yang dirancangan Martha Ulos.

Festival Ulos dan Kain Tenun Sumatera Utara 2019 Turut dihadiri staf ahli Koordinator Anjungan Taman Mini Indonesia Indah Gunawan Wibisono, beberapa staf perwakilan anjungan di Taman Mini Indonesia Indah, dan undangan lainnya.

 

Facebook Comments