Edy Rahmayadi : PSBD Asahan ke-IV Keberagaman adalah Kekuatan

hitabatak.com > Artikel > Edy Rahmayadi : PSBD Asahan ke-IV Keberagaman adalah Kekuatan
Pembukaan FDT 2019 beberapa waktu yang lalu di Parapat

Edy Rahmayadi : PSBD Asahan ke-IV Keberagaman adalah Kekuatan

Hitabatak.com/Asahan,- Acara dua tahunan Pesta Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan ke-IV kembali digelar di Lapangan Terminal, Kisaran pada Kamis (21/11).

Kegiatan yang sudah dilakukan untuk keempat kalinya ini bertujuan untuk  mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat.

Beragam seni tari dan pertunjukan budaya dipamerkan, sejumlah orang dengan topeng unik dan kostum warna-warni menari-nari diiringi musik, dan Pawai dengan baju adat berbagai etnis menjadi rangkaian acara dari seni budaya asahan ini.

Tercatat sekitar 14 etnis masyarakat yang ada di Kabupaten Asahan ikut serta mensukseskan acara.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menghadiri sekaligus membuka Pergelaran Seni Budaya Daerah Kabupaten Asahan ke-4, di Lapangan Griya, Depan Terminal Madya, Asahan, Kamis (21/11/2019). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu )

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi beserta rombongan ikut kagum dan menikmati kemeriahan dari pagelaran tersebut bersama ribuan masyarakat yang hadir serta berpesan agar keberagaman yang dimiliki Sumut ini dirawat.

“Karena keberagaman adalah kekuatan,” ujar Gubernur dalam pidatonya, saat membuka secara resmi pagelaran tersebut.

Gubernur menyayangkan masih banyak yang menjadikan perbedaan dan keberagaman sebagai alat untuk memecah belah. Padahal, perbedaan dan keberagaman adalah anugerah dan kekuatan identitas bangsa.

“Republik Indonesia, negara kepulauan yang terdiri dari 17 ribuan pulau. Sumut saja ada 33 kabupaten/kota, punya ciri khas masing-masing. Tak mungkin harus kita paksa sama semua. Walau kita banyak pulau, etnis, suku, bahasa, tapi kita harus jaga keamanan dan kedamaian,” ucap Edy Rahmayadi.

Edy pun memuji dan menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Pagelaran Seni dan Budaya Asahan. Katanya, senang bisa melihat berbagai etnis di Asahan hidup damai dan rukun.

“Saya senang melihat tadi, tarian-tarian dari berbagai etnis yang ada di Asahan ini. Mudah-mudahan ini bisa terus terlaksana dan kabupaten/kota juga buat seperti ini,” harap Edy.

 

Baca Juga  Polling!!! Siapakah Yang Patut Menjadi Gubernur Dan Wakil Gubernur SUMUT 2018-2023
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Aplikasi Hitabatak di Genggaman Anda

Download Sekarang di PlayStore.