Festival Danau Toba 2019 Dilaksanakan di Parapat 9 – 12 Desember

hitabatak.com > Artikel > Festival Danau Toba 2019 Dilaksanakan di Parapat 9 – 12 Desember
Panorama Danau Toba

Festival Danau Toba 2019 Dilaksanakan di Parapat 9 – 12 Desember

Hitabatak.com/Medan,- Festival Danau Toba (FDT) merupakan kegiatan tahunan Danau Toba. Pada tahun 2019 FDT kembali digelar dengan mengangkat tema “Inspiring Toba” yang akan dilaksanakan di Parapat, Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan pada 9 – 12 Desember 2019.

Dinas Pariwisata Sumatera Utara (Sumut) dan Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba (BOPDT) serta 8 Pemerintah Kabupaten se-Kawasan Danau Toba bekerja sama membuat Festival Danau Toba (FDT) yang lebih menarik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan persiapan yang matang.

Flayer Festival Danau Toba 2019

Tidak hanya itu FDT 2019 akan banyak melibatkan masyarakat lokal, hal ini disampaikan oleh Ria Novida Telaumbanua  selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Utara (Sumut).

“Adapun kegiatan Pra Event FDT 2019 Lomba Solubolon di Tobasa, Penanaman Pohon di Parapat, Pembersihan Kawasan Danau Toba, FGD Geopark, FGD Danau Toba, Lomba Lari 10 K, Press Release, Asahan River Festival di Tobasa,” jelas Ria

Setelah itu Ria menjelaskan kegiatan inti dari FDT 2019

“Sedangkan kegiatan inti FDT terdiri dari penampilan tari kolosal, hiburan rakyat lokal dan nasional, beragam lomba, fashion show busana etnis, demo kuliner dan lainnya,” lanjut Ria.

Dalam mensukseskan FDT 2019 Pemerintah provinsi Sumatera Utara sudah berkoordinasi dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Sumut, kementerian di pusat, Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba, pihak hotel, media dan lainnya.

“Kita sadar tentu membutuhkan stakeholder lainnya untuk membantu publikasi, kita sudah koordinasi dengan banyak pihak dan akan terus kita gencarkan,” tambah Ria

Hal ini disampaikan saat menjelaskan kemajuan persiapan FTD ke-7 tahun ini kepada Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah.

Wagub : Festival Danau Toba 2019 Publikasi harus Gencar

Baca Juga  Akses Pembangunan Tol Medan-Binjai di Blokir warga yang menuntut Ganti rugi

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah dalam mensukseskan FDT 2019 hal yang paling penting dilakukan adalah publikasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kedatangan para wisatawan pada FDT 2019 nanti.

“Event-event seperti ini harus kita manfaatkan untuk menarik wisatawan. Walaupun banyak yang beda dari sebelumnya, jika tidak gencar dan menarik publikasinya, orang tidak tahu,” katanya.

Musa berharap nantinya dengan pelaksanaan FDT 2019 bisa menjadi ajang promosi pariwisata Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas. Produk-produk unggulan Sumut diharapkan bisa dipamerkan di ajang FDT. Misalnya, kopi, andaliman, dan teh.

“Selain itu, kita tidak boleh sepele hal-hal yang kita anggap kecil seperti petunjuk arah, detail kegiatan-kegiatan, parkir, dan sebagainya harus dipastikan. Hal-hal kecil seperti itu bisa mengganggu kenyamanan pengunjung kalau tidak diatur dengan benar. Penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, harus menjadi bahan evaluasi,” pungkas Musa.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Aplikasi Hitabatak di Genggaman Anda

Download Sekarang di PlayStore.