Video

Hermann Delago Manik Musisi Austria Yang Mencitai Musik Batak

Hermann Delago pertama kali menginjakkan kaki ke Indonesia pada tahun 1995 saat dia berlibur ke Bali, saat itu dia mendengar sebuah lagu yang berjudul “Butet” salah satu lagu batak yang sangat fenomenal. Dan dia tertarik akan lagu itu, dan terkesan dengan melodi lagu itu, karena adanya kemiripan orkestra negaranya sendiri di austria.

Hermann Delago berasal dari negara Austria. Dan dia merupakan musisi asal austria, dan sebagai instrumentalis dan kompesor  kemudian membuat album Digerido. Tak hanya disitu juga membentuk AUSTRIA TRIO dan Viller Spatzen ditambah beberapa kelompok Jazz.

Herman Delago sering membawakan lagu Batak dalam grupnya, seperti video berikut:

Kecintaanya dengan musik Batak membuat dia pengen tahu bagaimana sebenarnya lagu Batak dan budaya Batak di Toba.Selain menyukai melodi musik batak, Herman juga terpikat kemolekan Danau Toba dan Pulau Samosir. Bahkan kecintaannya juga dia tunjukkan dengan mempersunting gadis batak.

Menurut musisi kenamaan Austria ini melodi batak sangat indah dan mirip musik barat, bahkan lebih berkarakter. Di Austria, Herman sering membawakan lagu-lagu Batak dalam konser disejumlah negara Eropa. Ia pun mempelajari lagu-lagu batak itu secara unik yakni dengan mendengarkan dan belajar dari anak batak yang sering nyanyi dikedai tuak.

Pertemuannya yang tidak sengaja dengan musisi batak Viki Sianipar disebuah warung kopi menjadi awal lahirnya perpaduan musik tradisional dengan musik modern yang mereka tuangkan di dalam sebuah album yang bertajuk Tobatak yang direkam dan dipasarkan oleh label BSC Music Jerman. Dimana mereka berdua berkolaborasi dalam mengaransemen lagu Batak agar lebih populer dan lebih hidup.

Tanggapan positif pun datang dari berbagai tokoh baik itu masyarakat luas dan tentunya dari para musisi Batak. Atas partisipasinya dalam memajukan musik Batak, para tokoh Batak pun memberikan penghargaan bagi Hermann. Viki Sianipar sebagai musisi muda merasa bangga bisa berkolaborasi dengan seorang Hermann Delago seorang musisi, penyanyi sekaligus komposer kenamaan Austria dan juga menganggap ini sebuah tamparan dan pelajaran bagi generasi muda. Pelajaran yang sangat berharga agar kita menjaga warisan budaya kita baik itu lewat seni, musik ataupun tari agar terpelihara dengan baik dan menjadi warisan ke anak cucu kita kelak.

Facebook Comments
Baca Juga  Akustik Gitar Tung So Tarlupahon
Hitabatak
Berbagi informasi menarik tentang Batak.
http://www.hitabatak.com