HUT ke 2 Komunitas Seni Budaya Batak Bengkulu Gelar ‘Contest Karya’

Hitabatak.com/Bengkulu,- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Komunitas Seni Budaya Batak Bengkulu yang ke dua tahun. Komunitas Seni Budaya Batak Bengkulu mengelar Contest Karya dengan mempertandingakan beberapa lomba didalamya. beberapa lomba seperti Cover Lagu Batak,Menulis Artikel (Budaya Batak) dan Video kreatif (Ucapan Selamat Ulang Tahun) bertujuan untuk memperkenalkan Komunitas Seni Budaya Batak Bengkulu. Bahkan lomba ini diperuntukkan untuk semua orang baik didalam daerah Bengkulu maupun diluar daerah Bengkulu bisa mengikuti lomba ini.

Komunitas Seni dan Budaya Batak Bengkulu yang berdiri atas gagasan beberapa orang pemuda batak yang ada di Bengkulu berdiri  pada tanggal 17 November 2017 bertepatan dengan Pagelaran Budaya Batak dengan Thema “Dari Bonapasogit untuk Rafflesia” yang dilaksanakan di Hotel Sinar Sport, Kota Bengkulu.

Pagelaran ini pun dihadiri sekitar 800 orang, baik dari penonton dan pengisi acara dengan acara yang diisi dengan penampilan tarian khas Batak, mulai dari tarian Batak Simalungun, Batak Karo, dan Batak Pak-pak. Lagu-lagu Batak pun menjadi persembahan Komunitas ini kepada penonton yang hadir pada saat pagelaran tersebut.

Tidak hanya itu komunitas semakin giat dalam memperkenalkan Budaya Batak dengan mengadakan Konser Batak. Tema yang diangkat adalah “Batak Milenial Bersuara” yang dilaksanakan pada tanggal 13 April 2019 di Konakito Cafe, Kota Bengkulu. Konser ini pun mensinergikan para pemuda dan pemudi Batak yang ada di Bengkulu untuk boleh menampilkan kebolehannya, baik dalam suara maupun tari-tarian.

Terbukti banyak orang yang datang bahkan dihadiri oleh Pemerintah Provinsi, yaitu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta  lima  orang Kepala Dinas Pemprov Bengkulu. Sultan Najamudin pun turut serta dalam melihat konser tersebut yang merupakan Senator (DPD) RI dari Provinsi Bengkulu.

Sabar Budi Simbolon selaku ketua Komunitas ini berharap dengan bertepatan dengan usia yang kedua, Contest Karya sebagai salah satu wadah kepada masyarakat khususnya anak-anak Muda untuk mengasah kemampuan dan menjadi mensosialiasikan Budaya Batak kepada seluruh masyarakat, secara khusus yang ada di Bengkulu.

” Tujuan awal Contest Karya  awalnya untuk mengasah serta memperdalam kemampuan masyarakat khususnya para pemuda dalam bidang seni. Pemuda, yang diharapakan memberi warna Gagasan yang kompetitif dan tak menghilangkan Kebudayaan Nusantara asli. Agar identitas Pemuda kita lebih terasa. Selain itu Contest Karya  juga mensosialisikan Budaya Batak kepada Masyarakat yang ada di Bengkulu agar bisa berkolaborasi dalam membangun Bengkulu, khusunya di Bidang seni,” ujar Simbolon

Sabar juga menghimbau serta berharap agar banyak orang mengikuti Contest Karya  ini, selain dari tujuan tersebut tercapai ada hadiah menarik dari setiap pemenang lomba nantinya.

“Kontes ini dilaksanakan mulai tanggal 16 November-08 Desember 2019 dan ada 3 kategori kontes yang dilaksanakan, Cover Lagu Batak, Menulis Artikel (Budaya Batak) dan Video kreatif (Ucapan Selamat Ulang Tahun) dengan hadiah-hadiah yang menarik. Semoga dengan adanya kontes ini, anak-anak muda semakin mencintai budaya Indonesia terkhusus Anak-anak Muda Batak mencintai Budaya Batak dan ikut sama-sama membangun Komunitas ini kedepan,” tutup Simbolon.

Facebook Comments