fbpx

Karnaval Pesona Danau Toba Akan Kembali Digelar di Balige

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tobasa, akan menyelenggarakan Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige, 26 Agustus mendatang. Konsepnya hampir sama dengan Karnaval Kemerdekaan Republik Indonesia 2016, yang diselenggarakan di Balige yang ketika itu dihadiri Presiden RI Joko Widodo bersama sejumlah pejabat tinggi negara.

“Peserta Karnaval ini nanti sekitar 2.000 orang, 500 diantaranya peserta inti, untuk manghunti tandok (menjunjung tandok), bermain trompet sangkakala dan lainnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ultri Simangunsong di kantornya, di Balige, Kamis (3/8).

Menurut Ultri, pada karnaval ini direncanakan akan hadir Menteri Pariwisata, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, anggota DPR RI dan lainnya. “Utusan 7 Kabupaten di Kawasan Danau Toba juga akan ikut dalam karnaval,” katanya.

Sementara dari Tobasa sendiri, selain peserta inti, diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tobasa, perwakilan dari 16 kecamatan dan BUMN/BUMD akan turut dilibatkan untuk menampilkan mobil hias masing-masing.

Namun sebelum itu, sebut Ultri, untuk memeriahkan Karnaval Pesona Danau Toba 2017, akan digelar Festival akuistik, permainan tradisional martumba, pertunjukan uning-uningan, kulineri dan pesta rakyat. Selain mempromosikan budaya dalam rangka mendukung destinasi wisata.

Karnaval ini juga dimaksudkan untuk persatuan dan kesatuan bangsa. Karena budaya, diakui sangat strategis memperkokoh persatuan bangsa. “Itulah beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan pada Karnaval Pesona Danau Toba nanti. Rutenya direncakan akan dimulai dari Soposurung–Kota Balige,” ujarnya. (edu)

sumber : http://harianandalas.com/sumatera-utara/karnaval-pesona-danau-toba-akan-kembali-digelar-di-balige

Facebook Comments
Baca Juga  Natal Oikumene STM Hulu Untuk Pertama Kalinya Dihadiri Wakil Gubernur