Karnaval Pesona Danau Toba ke 4 Disambut Antusias, ini Kesan dan Pesan Pelajar

hitabatak.com > Travel > Karnaval Pesona Danau Toba ke 4 Disambut Antusias, ini Kesan dan Pesan Pelajar

Karnaval Pesona Danau Toba ke 4 Disambut Antusias, ini Kesan dan Pesan Pelajar

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Toba Samosir menyambut dengan hangat kehadiran tamu istimewa, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, yang disambut dengan tarian tor-tor Batak, pada Sabtu (14/9/2019).

Telah empat tahun pelaksanaan dari Karnaval Pesona Danau Toba di Kabupaten Toba Samosir, petinggi Republik Indonesia selalu hadir menyapa masyarakat, mulai dari Presiden dan Menteri. Karnaval ke 4 saat ini, kembali hadir Menteri Kelautan dan Perikanan.

Menambah antusias masyarakat dan pelajar di Kabupaten Toba Samosir untuk menyaksikan dan mengikuti setiap pagelaran Karnaval Pesona Danau Toba dalam memperkenalkan adat dan budaya Batak.

Seperti dikatakan, salah seorang pelajar Miko Manurung, dirinya sangat bangga dengan pagelaran Karnaval yang diselenggarakan setiap tahunnya, dapat menyaksikan Presiden dan Menteri secara langsung.

Menurutnya, sebagai generasi bangsa even sebesar ini, dapat menambah pengetahuan kuliner, busana ulos.

“Yang pasti dengan karnaval ini dunia harus mengetahui kekayaan tradisi adat budaya Batak,” ujarnya.

Terpisah, Galuh siswa SMA Negeri 1 Laguboti, sangat termotivasi dengan pelaksanaan karnaval ini.

“Melalui acara ini, saya lebih mengenal Batak lebih dalam, seperti makanan, kustom, totor dan lain sebagainya,” ujar yang merupakan suku Jawa.

“Meskipun saya suku Jawa tetapi saya menyukai budaya dan sifat Batak, yang meskipun terlihat kasar namun memiliki hati yang lembut, sesuai dengan kekayaan adat istiadat dan budayanya.Yang paling berkesan bagi saya masyarakat Batak memiliki sifat toleransi yang sangat tinggi, menghargai keberagaman antara suku dan agama yang ada khususnya di Kabupaten Toba Samosir,” tutur Galuh. (asri)

Karnaval Pesona Danau Toba 2019 Pukau Wisatawan Asal Prancis

Karnaval Pesona Danau Toba 2019 telah dimulai pekan ini. Bahkan, tak sedikit wisman yang dibuat terpukau.

Baca Juga  Samosir Music International 2020 targetkan 23 ribu orang pengunjung dan diisi 1000 Penari Tor-tor

Ribuan orang menggunakan pakaian adat memadati Jalan Sisingamangaraja, Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara (Sumut). Mereka hadir untuk memeriahkan Karnaval Pesona Danau Toba 2019 yang akan di buka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Selain diramaikan oleh masyarakat, siswa sekolah yang menggunakan pakaian adat, kegiatan itu juga diramaikan oleh delapan mobil hias.

Dari pantauan di lokasi, masyarakat terlihat sangat antusias menunggu dimulainya kegiatan yang dilakukan setiap tahun sekali ini. Bahkan, wisatawan asing asal Prancis pun terkesima.

“Very Beautiful,” ujar Daniel (55) yang terkagum melihat kegiatan yang digelar, Sabtu (14/9/2019) di Balige.

Daniel yang datang bersama dua temannya pun tak mau kehilangan momen. Mereka langsung mengabadikannya dengan berfoto dengan muda mudi yang berpakaian hias.

Sementara itu, Yuni Naibaho Guide yang mendampingi Daniel dan teman-temannya menyatakan, Karnaval Pesona Danau Toba 2019 merupakan even yang cukup menarik.

Menurutnya, event ini dapat menjadi daya tarik untuk memikat wisatawan asing. “Maunya di infokan juga ke travel agent ada kegiatan ini. Jadi turis-turis asing bisa bisa tau,” bebernya.

Lebih lanjut, dirinya bersama tiga wisatawan asing asal Prancis sebelumny tidak mengetahui ada kegiatan Karnaval Pesona Danau Toba 2019. “Ini karena kebetulan saja lewat sini,” tandasnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Aplikasi Hitabatak di Genggaman Anda

Download Sekarang di PlayStore.