fbpx

Karthutla : 21 hektare terbakar di perbatasan Karo – Simalungun

hitabatak.com/Karo – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di perbukitan perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Simalungun.

Kebakaran Kebakaran yang melanda perbukitan Sibolangit, kecamatan Merek, Kabupaten Karo berbatasan dengan Hoppoan, kecamatan Siimakuta Barat, kabupaten Simalungun pada (10/2).

Dilansir dari laman Radarmedan, Alvian Munthe selaku anggota Forum Hijau Dolok Sipiso -piso  (Forhidos) yang berada dilapangan mengatakan bahwa api telah padam sekitar sekitar pukul 22.00 WIB tadi malam (10/2).

“Iya benar pak, pantauan kita dilapangan api sudah padam sekitar pukul 22.00, ditambah gerimis membuat api sulit menjalar kebawah, karena awal kebakaran diperkirakan dari kabupaten Simalungun,” ujar Alvian

Titik api semakin padam dikarenakan hingga pagi ini (11/2) gerimis masih membasahi perbukitan Sibolangit.

Senada dengan Alvian Munthe, AKP Ramli Simanjorang selaku Kapolsek Tigapanah yang turun langsung ke lokasi kebakaran bersama dengan koramil KUPT XV, MPA dan masyarakat sekitar mengatakan bahwa api sudah benar-benar padam.

“Iya benar pak api sudah berhasil dipadamkan, luas area yang terbakar sekitar 20 Ha wilayah Simalungun, dan 1 Ha di wilayah Karo. Sampai saat ini api sudah padam total, namun anggota tetap kita siapkan dilapangan untuk tetap siaga,” ujar Kapolsek.

Lebih lanjut AKP Ramli Simanjorang menerangkan kronologis dari kebaran yang didapatkan dari masyarakat MPA, pak Tondang dari Sibolangit, bahwa titik api berasal dari desa desa Hoppoan, kemudian kita segera berkoordinasi dengan KUPT XV dan MPA, tim kita langsung bergerak ke desa Sibolangit.

Terakhir Kapolsek menghimbau seluruh masyarakat untuk selalu waspada dengan kegiatan dan benda yang dapat menimbulkan api yang menyebakan kebakaran.

“Kami berharap kita bersama-sama menjaga area ini, jaga segala sumber yang kemungkinan dapat menyebapkan kebakaran, puntung rokok, pembakaran lahan, mari kita jaga bersama,” papar Kapolsek.

Baca Juga  Kisah Sejarah Masuknya Agama Islam Ke Tanah Batak

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kemarin, hanya saja sekitar 20 hektar lahan hutan Simalungun dan 1 hektar di kawasan Tanah Karo hangus terbakar.

Facebook Comments