fbpx

Kopi Sidikalang Wanginya Sudah Sampai Keluar Negeri

Buat pecinta kopi, kopi adalah salah satu teman sehari-hari disaat baca koran, di atas meja kerja kopi selalu ada. Banyak macamnya kopi yang diminum.

Kopi Sidikalang salah satunya wajib anda coba, kopi ini sudah terkenal akan cita rasanya yang mantap, bahkan bukan hanya di dalam negeri tetapi sampai ke luar negeri. Salah satu pesaing kenikmatan kopi Sidikalang adalah kopi Brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di dunia. Sidikalang adalah ibu kota Kabupaten Dairi, terletak di daerah pegunungan nan sejuk.

Menurut para ahli kopi, kekhasan Kopi Sidikalang didapatkan dari kombinasi hawa dingin dan jenis tanah di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Di Sumatra Utara terdapat tiga daerah penghasil kopi terbaik yaitu Lintongnihuta, Mandailing, dan Sidikalang.

Baca Juga  Kopi Siborong-borong : Kopi Sian Huta Tu Amerika

Kopi Sumatra merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari Sumatra yang bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat dan kompleks di antara beragam kopi di dunia. Sebagian besar kopi Sumatra diproses secara kering, tetapi sebagian lagi melalui proses pencucian ringan.

Sidikalang menjadi daerah yang sangat baik untuk tanaman kopi.Kopi sidikalang sangat terkenal akan kenikmatan cita rasanya, bukan hanya di dalam negeri saja tetapi hampir seluruh pecinta kopi Dunia mengakuinya. Kopi Sidikalang juga telah mampu bersaing dengan Kopi Brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di Dunia.

Sampai saat ini, kopi Sidikalang kerap disebut rajanya kopi di Sumatra. Bagi siapa yang belum terbiasa kopi , janganlah coba-coba menyeruput kopi Sidikalang jika tidak ingin jantung berdebar-debar kencang dan mata bisa melek sampai pagi. Adapun Sidikalang dikenal sebagai penghasil biji kopi robusta yang dikenal memiliki kadar kafein tinggi, mencapai 70-80%. Bandingkan dengan arabika yang hanya setengahnya. Dengan kondisi tanahnya yang mendukung juga membuat kualitas kopi robusta Sidikalang menjadi kopi numeru uno.

Tanaman kopi sebaiknya tumbuh di atas minimal 700 mdpl. Dan rata-rata kopi Sumatra tumbuh di atas 1000 mdpl. Sehingga, kualitas biji kopi yang dihasilkan memiliki fisik dan karakter rasa yang lebih kuat. Itulah yang membedakan kopi Sidiklang dari kopi jenis lainnya.

Bagi penikmat kopi yang mau merasakan kopi sidikalang, anda dapat langsung ke sana, dan juga membelinya secara online.

Facebook Comments