fbpx

Masyarakat Batak Rayakan Natal di Mahato Rokan Hulu

Hitabatak.com/Rokan Hulu,- Meski terbilang sedikit namun Masyarakat Batak yang ada di Rokan Hulu tepatnya di Desa Mahato, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Riau melaksanakan Natal bersama pada Kamis (5/12).

Perayaan Natal yang diinisiasi oleh marga-marga Batak yang ada di Rokan Hulu dihadiri oleh berbagai tokoh, diantaranya Bupati Sukiman,  Camat Tambusai Utara, H.Mastur, Kapolsek Tambusai Utara, AKP Nurman, Anggota DPRD Propinsi Riau Kelmi Amri SH , Anggota DPRD Kabupaten Rohul Sikfikal Lumban Gaol , Tokoh Masyarakat / Tokoh Agama desa Mahato, Togu Lumban Gaol , Danramil 11 / TBS / Kapten Inf M.Fadhil, Kodim 0313 / KPR  Kapten Inf Yuhardi PLH Pabung Rohul Kodim 0313 / KPR , Ketua panitia natal Sintua T Hutabarat , Pengkhotbah Pendeta Tumpak Sinaga ,S.Th , Lembaga peduli kasih Sintua MD Sitompul , Pimpinan Gereja Sintua M. Sianturi , anggota Polsek Tambusai utara Bhabinkamtibmas Mahato , Babinsa Mahato  Ormas Ikatan Pemuda Karya (IPK), Pemuda Pancasila (PP) dan Pendeta Gereja-gereja se Desa Mahato serta jemaat masing-masing Gereja.

Tema yang diangkat pada Perayaan Natal 2019 ini adalah “Hendaklah Kamu Sehati Sepikir Dalam Satu Kasih, Satu jiwa dan Satu tujuan” dengan Sub tema, “Melalui Perayaan Natal Marga-marga Batak se Desa Mahato, Marilah Kita Eratkan Tali Persaudaraan Dalam Cinta Kasih, Menuju Masyarkat yang Dewasa dan Mandiri untuk Kehidupan yang Layak”.

St. T Hutabarat selaku Ketua Panitia Natal mengucapkan terimakasih dan berharap dengan perayaan natal ini dapat menjalin kebersamaan dan kekeluargaan.

“Terima kasih kepada Jajaran panitia atas terlaksananya kegiatan Natal ini, mudah – mudahan dengan diadakan kegiatan Natal Marga-marga Batak se desa Mahato ini , dapat terjalin tali persaudaraan dalam cinta kasih , menuju masyarakat yang dewasa, mandiri untuk kehidupan yang layak, ” ujar T. Hutabarat dalam sambutannya.

Baca Juga  Kalender Dalam Batak (Parhalaan)

Senada dengan St. T Hutabarat, Tokoh masyarakat Togi Lumban Gaol menyampaikan dengan perayaan natal 2019 masyarakat semakin bersatu tanpa mempersoalkan perbedaan.

“Melalui perayaan Natal ini, mari kita jalin tali persaudaraan sesama marga-marga Batak yang ada di desa Mahato. Walaupun kita minoritas, tetapi kita harus berperan aktif memajukan desa Mahato, tanpa membedakan Suku, Agama, warna kulit maupun bahasa,” ajaknya.

Terakhir Bupati Rohul H.Sukiman mengingatkan bahwa semua satu dalam NKRI dan dalam Kebhinekaan walaupun berbeda-beda.

“Walaupun suku Batak minoritas , tetap kita di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dipadukan dengan Bhineka Tunggal Ika (walaupun berbeda -beda tetap bersatu red), tanpa membedakan suku, agama dan ras,” tegas Sukiman.

Facebook Comments