Mengenal Rumah Baca Holong : Bakti Untuk Negeri

hitabatak.com > Artikel > Mengenal Rumah Baca Holong : Bakti Untuk Negeri

Mengenal Rumah Baca Holong : Bakti Untuk Negeri

 

Dalam usaha meningkatkan minat baca dan mengembangkan potensi serta kapasitas Sumber daya manusia khusunya para pemuda dan pelajar maka Samuel sitompul mendirikan sebuah rumah baca yang diberi nama rumah baca holong : Bakti Untuk Negeri. Rumah Baca Holong sendiri berada di dusun Lumban Holbung, Desa Selamat, Kecamatan Purbatua, Kab Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Pendiri sekaligus ketua Rumah Baca Holong, Samuel Sitompul mengatakan, bahwa Dasar  membentuk/mendirikan Rumah Baca dengan nama “Holong” Bakti Untuk Negeri” adalah sebuah kerinduan, kerinduan dimana anak-anak mulai dari TK-SMA memiliki pengetahuan yang tinggi dan bisa meningkatkan  perolehan peringkat di sekolah mereka masing-masing, kerinduan akan adanya wadah/tempat belajar, berkreasi, berdiskusi dengan anak-anak, sampai dengan orang dewasa di kampus  dan juga kerinduan akan sebuah  kemajuan dalam dunia pendidikan serta untuk menghasilkan SDM yang baik. Pemuda dan anak-anak saat ini merupakan sebagai ujung tombak dan generasi selanjutnya.

Rumah Baca Holong yang baru saja diresmikan pada tanggal 18 agustus yang lalu mendapat respon yang baik dari pemerintah setempat secara khus khusus aparat pemerintah desa yang mendukung dan mengapresiasi hadirnya sebuah rumah baca didesa tersebut. Hal ini dibuktikan dengan bantuan pemerintah yang di serahkan kepada Rumah Baca Holong berupa bahan-bahan untuk pembuatan meja belajar dan pondok-pondok belajar yang rencananya akan terealisasi bulan 10 nanti.

Masyarakat didesa pun sangat menyambut hangat kehadiran Rumah Baca Holong, dengan mengarahkan anak-anak mereka untuk hadir dan belajar bersama di Rumah Baca Holong.

Suasana Belajar di Rumah Baca Holong

Samuel menjelaskan, bahwa pendidikan merupakan bagian penting bagi anak-anak untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebagai bagian jalan panjang dalam menggapai masa depan mereka melalui giat membaca

Baca Juga  Wishnutama Tegaskan Tidak Akan Jadikan Danau Toba Wisata Halal

Rumah Baca yang berdiri dari hasil dana pribadi dan swadaya pemuda setempat telah memiliki 518 buku dengan berbagai genre dan judul yang berbeda. Samuel berharap akan semakin banyak orang tergerak didalam mendukung Rumah Baca Holong dengan sebagai donatur buku-buku untuk memperbanyak bahan bacaaan di Rumah Baca Holong dan bantuan yang lainnya.

Hingga saat ini, Rumah Baca Holong masih berupaya untuk mengadakan aksi dan penggalangan dana dari elemen-elemen masyarakat baik instansi maupun swasta, masyarakat setempat, pemerintah desa. Ini semua dilakukan untuk mengembangkan dan memajukan Rumah Baca Holong semata.

Samuel berharap dengan hadirnya Rumah Baca Holong dapat meningkatkan pemikiran masyarakat didesa Purba Tua untuk memajukan daerahnya serta Rumah Baca Holong menjadi tempat belajar.

“ Harapan kami dengan adanya Rumah Baca holong ini, pola pikir dan paradigma masyarakat di Purbatua khususya di desa selamat menjadi lebih maju dan tentunya lebih berkembang, dengan yg dulunya hanya mengandalkan sekolah sebagai tempat belajar anak-anak sekarang sudah ada Rumah Baca Holong sebagai tmpat belajar,” ujarnya.

anak-anak sangat antusias untuk belajar di Rumah Baca Holong

Dia juga mengungkapkan, dengan hadirnya rumah baca di tengah masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat khususnya kaum muda untuk membaca buku dan berkumpul bersama teman-teman sambil berbagi wawasan dan berdiskusi ditengah-tengah berkembangnya gadget yang lebih disukai oleh anak-anak masa kini, memukinkan anak hanya berkomunikasi dan berinteraksi melalui gadget, sehingga akan menggerus budaya silaturahmi secara langsung

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Aplikasi Hitabatak di Genggaman Anda

Download Sekarang di PlayStore.