Minggu/24 November 2019 (Minggu Akhir Gerejawi/Peringatan Bagi Orang Meninggal)

hitabatak.com > Artikel > Minggu/24 November 2019 (Minggu Akhir Gerejawi/Peringatan Bagi Orang Meninggal)

Minggu/24 November 2019 (Minggu Akhir Gerejawi/Peringatan Bagi Orang Meninggal)

Evangilium : Allah Menghakimi Bangsa-bangsa

(Habakuk 3:1-6)
1.Doa nabi Habakuk. Menurut nada ratapan. 2. Tuhan, telah kudengar kabar tentang Engkau, dan pekerjaan-Mu, ya Tuhan, kutakuti! Hidupkanlah itu dalam lintasan tahun,
nyatakanlah itu dalam lintasan tahun; dalam murka ingatlah akan kasih sayang!
3.Allah datang dari negeri TĂ©man dan Yang Mahakudus dari pegunungan Paran. Sela
Keagungan-Nya menutupi segenap langit, dan bumi pun penuh dengan pujian kepada-Nya. 4.Ada kilauan seperti cahaya, sinar cahaya dari sisi-Nya dan di situlah terselubung kekuatan-Nya.
5.Mendahului-Nya berjalan penyakit sampar dan demam mengikuti jejak-Nya 6Ia berdiri, maka bumi dibuat-Nya bergoyang;
Ia melihat berkeliling, maka bangsa-bangsa dibuat-Nya melompat terkejut, hancur gunung-gunung yang ada sejak purba, merendah bukit-bukit yang berabad-abad;
itulah perjalanan-Nya berabad-abad.

Minggu ini adalah minggu akhir tahun gerejawi yang sekaligus minggu mengingat orang-orang mati. Kita mengingat orang-orang mati untuk mengingatkan kita bahwa kelak juga seperti saudara-saudara kita yang sudah lebih dulu meninggal, kitapun akan meninggal.

Melalui peringatan ini kita yang masih hidup diingatkan untuk mempersiapkan diri kalau kelak Tuhan memanggil kita, kita meninggal didalam Tuhan. Karena berbahagialah orang yang mati di dalam Tuhan. Kita mau meninggal di dalam Tuhan karena kita akan kembali bersama Yesus Kristus di Sorga. Itulah tujuan hidup kita sebagai orang percaya.

Allah membangkitkan bangsa Babel yang akan menghukum para pemimpin Yerusalem yang jahat yang memberontak kepada Tuhan. Tuhan mengangkat bangsa Babel untuk menghukum Israel karena kemurtadan mereka.

Bangsa Israel tidak mengingat perbuatan baik yang telah Tuhan lakukan dengan membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir, dan membawa mereka ke tanah Kanaan yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham, Ishak dan Yakub.

Baca Juga  Yudhi Simorangkir : Masyarakat Berhak Menilai Calon Menteri

Dalam pembuangan di Babel Habakuk berdoa kepada Tuhan supaya Tuhan di dalam amarahNya tetap mengingat kasih setiaNya kepada bangsa Israel. Dimohonkan supaya bangsa itu tidak dimusnahkan, tetapi supaya mereka bertobat dan kembali kepada Allah.

Marilah kita mengingat kebaikan Tuhan Yesus yang telah diberi-kanNya kepada kita. Dia rela mati sebagai orang terkutuk di Kayu Salib untuk keselamatan kita. Mari kita melakukan pekerjaan baik sebagai ucapan syukur kita kepadaNya selagi Dia masih memberi nafas bagi kita.

Tidak selamanya kita dapat bekerja, karena itu selagi hari masih siang mari kita bekerja untuk Tuhan. Mari tetap memelihara iman kita kepada Yesus, supaya pada saat penghakimanNya, kita bersama Dia di sorga.

*Yayasan Badan Kerja Sama Marturia

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Aplikasi Hitabatak di Genggaman Anda

Download Sekarang di PlayStore.