ALU Merupakan Singkatan dari Arithmetic-Logic Unit pada CPU Komputer
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi ALU Merupakan Singkatan dari Arithmetic-Logic Unit. Sumber: Pexels/Pixabay
Ilustrasi ALU Merupakan Singkatan dari Arithmetic-Logic Unit. Sumber: Pexels/Pixabay

Dengan komputer, masyarakat dapat lebih mudah melakukan suatu pekerjaan. Agar dapat bekerja dengan baik, komputer membutuhkan berbagai komponen seperti ALU. ALU merupakan singkatan dari Arithmetic-Logic Unit.

ALU atau Arithmetic-Logic Unit ini merupakan satu dari empat komponen penting pada CPU komputer. Tanpa ALU, maka program komputer tidak akan dapat bekerja dengan baik.

ALU: Arithmetic-Logic Unit pada CPU Komputer

Ilustrasi ALU Merupakan Singkatan dari Arithmetic-Logic Unit. Sumber: Pexels/Designecologist
Ilustrasi ALU Merupakan Singkatan dari Arithmetic-Logic Unit. Sumber: Pexels/Designecologist

Dewasa ini, hampir seluruh pekerjaan membutuhkan komputer. Dikutip dari buku Komputer dan Masyarakat (Konsep Dasar Perilaku Etis Masyarakat pada Teknologi Informasi), Misriani (2023), komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri dari peralatan input, peralatan pengolah input (alat pemroses), dan peralatan output yang hasilnya berupa informasi, serta bekerja secara otomatis.

Komputer memiliki sejumlah program yang dapat mempermudah pekerjaan masyarakat. Supaya dapat berfungsi dengan baik, maka komputer membutuhkan banyak sekali komponen. Salah satu komponen yang penting pada komputer adalah ALU.

ALU merupakan singkatan dari Arithmetic-Logic Unit. Arithmetic-Logic Unit ini terdapat pada CPU (Central Processing Unit) atau prosesor komputer. A

LU termasuk dalam empat komponen paling penting di CPU selain CU (Control Unit), MU (Memory Unit), dan Register. ALU terdiri atas dua buah bagian, yakni unit logika boolean dan unit aritmetika yang masing-masing memiliki tugasnya tersendiri.

ALU memiliki cukup banyak komponen elektronika. Komponen elektronika tersebut adalah sekumpulan transistor yang biasa disebut dengan logic gate. Logic gate tersebut yang berfungsi untuk melaksanakan berbagai operasi logika dan aritmetika.

Logic gate tersebut dapat melakukan perhitungan matematika yang lebih komplit seperti menambah bilangan atau membagi suatu bilangan. Selain itu, logic gate ini juga dapat melaksanakan berbagai perintah yang erat kaitannya dengan logika. Conothnya seperti hasil perbandingan dua buah bilangan.

Tugas Lain dari ALU atau Arithmetic-Logic Unit

Ilustrasi ALU Merupakan Singkatan dari, Sumber Unsplash Alienware
Ilustrasi ALU Merupakan Singkatan dari, Sumber Unsplash Alienware

ALU atau Arithmetic-Logic Unit memiliki sejumlah tugas lain. Tugas lain tersebut adalah melakukan keputusan dari operasi logika yang sesuai dengan instruksi program. Operasi logika tersebut meliputi perbandingan antara dua elemen logika yang menggunakan operator logika. Adapun di antaranya sebagai berikut.

  • Sama dengan (=)

  • Tidak sama dengan (<>)

  • Kurang dari (<)

  • Kurang atau sama dengan (<=)

  • Lebih besar dari (>)

  • Lebih besar atau sama dengan (>=)

Baca juga: 3 Alasan Penting Pemeliharaan dalam Perangkat Lunak atau Software

ALU merupakan singkatan dari Arithmetic-Logic Unit. Tugas utama dari komponen CPU komputer ini adalah melakukan seluruh perhitungan aritmetika atau matematika sesuai dengan instruksi program. (FAR)

https://kumparan.com/berita-terkini/alu-merupakan-singkatan-dari-arithmetic-logic-unit-pada-cpu-komputer-22xIb4Pn50V

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations