Tumpahan Minyak di Sentosa Island Singapura Meluas ke Sebagian Daratan
Tumpahan Minyak di Sentosa Island Singapura Meluas ke Sebagian Daratan. #Newsupdate #update #news #text
Para pekerja beristirahat saat membersihkan tumpahan minyak di Pantai Tanjong di Sentosa, Singapura (16/6/2024). Foto: Edgar Su / REUTERS
Para pekerja beristirahat saat membersihkan tumpahan minyak di Pantai Tanjong di Sentosa, Singapura (16/6/2024). Foto: Edgar Su / REUTERS

Otoritas Singapura segera melakukan kegiatan pembersihan pantai dan penanganan tumpahan minyak di Sentosa Island. Sebab, banyak kawasan pantai yang ditutup serta adanya kerusakan yang signifikan terhadap aktivitas pariwisata dan ekosistem.

Hal tersebut tertera pada pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA), Badan Lingkungan Nasional (NEA), Dewan Taman Nasional (NParks), dan Sentosa Development Corporation pada Minggu (16/6).

Dikutip dari Antara, Senin (17/6), mereka mengatakan akibat arus pasang surut, sebagian dari tumpahan minyak mencapai daratan sepanjang garis pantai selatan termasuk Sentosa, Cagar Alam Labrador, Kepulauan Selatan, Dermaga Marina Selatan, dan East Coast Park.

Pada 16 Juni, tidak ada tanda-tanda tumpahan minyak di dalam Sisters' Islands Marine Park, tetapi kilau minyak terlihat di perairan sekitarnya, menurut pernyataan tersebut.

NParks juga telah mengerahkan bantalan penyerap minyak untuk melindungi Berlayer Creek dan Rocky Shore di Cagar Alam Labrador.

Meskipun West Coast Park tidak terpengaruh, bantalan penyerap minyak juga dipasang di West Coast Park untuk melindungi hutan bakau di Marsh Garden.

Usai insiden tumpahan minyak pada Jumat (14/6), pantai-pantai di East Coast Park, Cagar Alam Labrador, pantai-pantai di St John’s, Lazarus, dan Kepulauan Kusu telah ditutup.

Kawasan Sentosa – Pantai Sentosa tetap dibuka untuk umum, namun aktivitas laut dan berenang tidak diperbolehkan di pantai Tanjong, Palawan, dan Siloso.

Insiden tersebut juga berdampak pada kehidupan masyarakat, karena penduduk di Sentosa Cove terpaksa meninggalkan rumah mereka pada tanggal 15 Juni akibat bau yang tidak sedap. Bisnis kapal pesiar menderita kerugian, sementara wisatawan frustrasi karena polusi.

Seorang karyawan YachtCruiseSG mengatakan perusahaan membatalkan empat pemesanan pada tanggal 15 Juni, dengan kerugian sekitar 3.200 SGD (Rp38,9 juta).

Sentosa Development Corporation mengatakan bahwa membersihkan pantai, pihaknya juga fokus pada meminimalkan dampak terhadap perairan dan satwa liar di sekitarnya.

https://kumparan.com/kumparannews/tumpahan-minyak-di-sentosa-island-singapura-meluas-ke-sebagian-daratan-22xMt8pFZLk

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations