pat Koordinasi (Rakor) Perkembangan Sektor Pariwisata yang dipimpin Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B Pandjaitan di Kantor Marves Jakarta, Rabu (19/2). (foto : HumasSumut)

Pembangunan Danau Toba dan Empat Destinasi Super Prioritas lainnya dikebut

hitabatak.com/Jakarta – Rapat Koordinasi (Rakor) digelar dalam topik Perkembangan Sektor Pariwisata. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B Pandjaitan memimpin jalannya rapat di Kantor Marves Jakarta, Rabu (19/2).

Pada kesempatan itu, Menko Marves Luhut Pandjaitan menegaskan akan lebih sering melakukan Rakor setiap daerah dengan tujuan lebih fokus dalam melakukan percepatan pengembangan lima destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

“Pembangunan di lima destinasi super prioritas harus kita kebut, makanya kita nanti akan sering rapat per daerah. Jadi nanti saya fokus satu-satu, tiap minggu saya cek per daerah, sehingga nanti betul-betul bagus,” ujarnya.

Lebih lanjut Menko mengharapkan dukungan dari Basarnas, BNPB dan Menteri Kesehatan harus ada di setiap destinasi super prioritas. Hal ini supaya para turis merasa nyaman dan aman. “Jadi nanti semuanya harus ada. Jadi ketika terjadi sesuatu dapat segera ditangani,” katanya.

Terkait rencana kunjungan Raja dan Ratu Belanda ke Danau Toba, Menko Luhut dan Menteri Wishnutama  berharap agar para bupati yang menjadi spot tinjau itu agar lebih menyiapkan dalam penyambutan, baik kesenian tari maupun kebersihannya.

Sementara itu, usai Rakor Wagub Musa Rajekshah menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan terus bersinergi dengan pemerintah pusat dan berbagai pihak lainnya dalam upaya percepatan pembangunan kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas.

“Kita sangat mendukung upaya pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan kawasan Danau Toba. Karena kita juga ingin pembangunan kawasan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas segera rampung dan banyak dikunjungi wisatawan, sehingga berdampak positif terhadap perekonomian Sumut,” ujar Wagub ketika diwawancarai

Selain Musa Rajekshah, Sejumlah tokoh hadir dan mengikuti rapat tersebut, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Komunikasi dan Informatika George G Plate, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo.

Baca Juga  Jelang peresmian Danau Toba sebagai anggota Unesco Global Geopark, BPODT fokus kembangkan 16 situs geologi

Selain itu hadir juga tujuh bupati sekitar kawasan Danau Toba, Asisten Admintrasi Umum Setdaprov Sumut M Fitriyus, Kadis Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua, Kabiro Humas dan Keprotokolan Hendra Dermawan Siregar dan Kepala Badan Penghubung Daerah Nursalim Affan Hasibuan. Ada juga Gubernur DI  Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X serta beberapa kepala daerah terkait (*)

Facebook Comments