Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi beberapa waktu lalu saat membuka Festival Danau Toba ke-7 di Parapat Kabupaten Simalungun, Senin (9/12/2019)

Pemprov Sumut berharap Anggaran Festival Danau Toba Naik Jadi Rp 5 M

hitabatak.com/Medan. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Ria Nofida Telaumbanua selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara berharap biaya penyelenggaraan Festival Danau Toba (FDT) tahun 2020 dinaikkan dari Rp 2,9 miliar jadi Rp 5M.

Kenaikan anggaran ini nantinya diperuntukkan untuk biaya promosi dengan tujuan FDR semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam dan luar negeri.

Dilansir dari laman berita Medanbisnisdaily, Ria mengungkapkan bahwa penyelenggaraan FDT sebelumnya (dari 2013-2019) tidak pernah dipromosikan. Seharusnya, sebagaimana pernah disebutkan Menteri Pariwisata, sebesar 40-50% even wisata dialokasikan untuk biaya promosi. Agar gemanya terdengar kemana-mana.

“Dengan biaya Rp 2,9M lebih itu kami melaksanakan FDT yang berisi empat acara. Agar didukung promosi seharusnya dinaikkan menjadi Rp 5 miliar,” terang Ria pada evaluasi pelaksanaan FDT di rapat dengar pendapat dengan Komisi B DPRD Sumut, Senin (3/2/2020).

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi B DPRD Sumut yang dipimpin oleh Ketua Komisi B, Viktor Silaen ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Samosir (Juang Sinaga), beberapa Ketua DPRD kabupaten di kawasan Danau Toba, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, ASITA, HPI dan PHRI.

Lebih lanjut Ria menguraikan empat agenda acara di FDT, yakni seremoni pembukaan/penutupan, lomba paduan suara, lomba vocal grup serta pemilihan duta Danau Toba Ucok dan Butet.

Ria berharap dengan tambahan rangkaian acara di penyelenggaraan FDT akan dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Salah satu orientasi para wisatawan adalah para milenial dengan pasar Wisatawan milenial dikelola dengan menggelar even bercorak milenial.

“Acara perlombaan sport atau olahraga juga akan kami gelar, misalnya, balap sepeda. Mungkin kami harus bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga,” tegas Ria.

Facebook Comments
Baca Juga  Pernyataan Gubernur Edy Festival Danau Toba Tak Bermanfaat Diprotes Keras Bupati Samosir