Profil Artis Batak – Judika Sihotang

Judika Nalon Abadi Sihotang atau yang lebih dikenal dengan nama Judika adalah penyanyi Indonesia. Penyanyi yang memiliki suara khas serak ini dilahirkan di Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara 31 Agustus 1978. Judika adalah anak ke-6 dari 7 bersaudara.

Menyanyi sudah ditekuni Judika sejak ia duduk di bangku SD Inpres di Brastagi. Ia sempat tergabung dalam sebuah grup vokal bersama 3 sahabatnya Roy, Juneidi dan Jonathan. Bersama grup bentukannya itu, Judika sempat tampil di sebuah hotel berbintang 5 di daerah tempat asalnya. Hal itu semakin memacu semangat Judika menjadi bintang. Ia menjajal bakatnya lewat kompetisi menyanyi Bahana Suara Pelajar yang mendapuknya sebagai juara pertama tingkat Sumatra Utara dan ketiga Nasional.

Awal karir profesional Judika sebagai penyanyi terjadi ketika ia mengikuti “Indonesian Idol” season 2. Dengan mengalahkan ribuan kontestan lain seluruh Indonesia, Judika sukses masuk 10 besar. Dari seluruh momen di ajang pencarian bakat menyanyi tersebut, mencapai posisi Runner-Up adalah momen yang melejitkan namanya.

Selang 2 tahun dari keikutsertaannya di “Indonesian Idol”, Judika merilis album pertamanya. Album yang bertajuk “One” itu hadir dengan 10 lagu. Lagu “Bukan Rayuan Gombal” sukses mengantar Judika semakin dikenal. Musik serta suara Judika yang khas membuat lagu ini sangat diminati.

Album keduanya, “Setengah Mati Merindu”, rilis di 2010. Album yang mengusung single “Aku yang Tersakiti” dan “Setengah Mati Merindu” ini tidak hanya menuai sukses di dalam negeri. Pasalnya, kedua single tersebut membawa Judika menjadi satu-satunya penyanyi yang lagunya sukses menempati posisi pertama chart RBT di Malaysia. Atas prestasinya itu, penyanyi berusia 35 tahun ini mendapat penghargaan Multiplatinum Award dari Sony Music Entertainment Indonesia.

Baca Juga  Promosikan Pariwisata Danau Toba, 1.850 Pesepeda Ramaikan Tour de Sinabung

Judika juga aktif sebagai personil grup band. Ia tergabung dalam grup Mahadewa pimpinan Ahmad Dhani. Judika merilis album “Past To Present” bersama band yang bernaung di Republik Cinta Management itu.

Mengenai kehidupan pribadinya, Judika resmi menikahi Duma Riris melalui proses pemberkatan yang dilaksanakan 31 Agustus 2013 lalu. Hubungan beda profesi tersebut sempat menuai pertentangan dari orangtua Duma sebelumnya. Judika yang berprofesi sebagai artis dirasa tidak pas oleh orangtua model tersebut. Namun, kegigihan Judika memperjuangkan restu hingga tahun ke-5 hubungan tersebut membuatnya orangtua Duma akhirnya luluh dan mengijinkan keduanya menikah.

Facebook Comments
About Hitabatak 1175 Articles
Berbagi informasi menarik tentang Batak.