Riuh Tawa Wisatawan Semarakkan Lomba Lari Babi di Pig and Porg Lake Toba Festival 2019

Hitabatak.com/Tapanuli Utara,- Festival Babi Danau Toba atau Pig and Porg Lake Toba Festival sudah dimulai pada Jumat (25/10) dan menjadi hari pertama dalam pelaksanaan festival tersebut yang dicanangkan akan dilaksanakan pada dua hari, yaitu jumat dan sabtu (25-26/10) di Muara, Tapanuli Utara.

Kegiatan hari pertama pada jumat (25/10) diisi dengan berbagai, adapun kegiatannya adalah  Pelatihan Pakan Ternak, Lomba Selfie dengan Babi, Lomba Kuliner Babi Arsik, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Lomba Memanggil Babi, Lomba Kuliner Babi Panggang, Lomba Lari Babi, Fashion Show.

Informasi yang dihimpun oleh Hitabatak.com, peserta dan pengunjung tidak hanya datang dari daerah tapuli saja melainkan dari Jakarta, Lombok, Bali dan Manado dan tercatat ada sekitar 2000 lebih peserta dan pengunjung yang datang dalam acara hari pertama dan dipredikdiksi akan lebih banyak yang hadir pada acara puncak Festival ini.

Dari berbagai kegiatan pada hari pertama festival, salah satu kegiatan yang diminati oleh para pengunjung dan peserta adalah lomba lari babi, hal ini dikarenakan lomba babi tersebut sangat menghibur para peserta dan pengunjung.

Terlihat kental kegembiraan dengan riuh tawa para peserta dan pengunjung melihat Lomba lari babi yang dirasa seperti Moto GP. Pada perlombaan, ternak babi saling adu kecepatan di lintasan lurus sekitar 10 Meter yang dibatasi bambu.

Edukasi ternak babi (Doc. Togu Simorangkir)

Tak hanya sekadar hiburan dalam lomba lari babi, kegiatan edukasi beternak babi tanpa merusak lingkungan juga dilaksanakan yang dibalut dengan pengelolaan babi sebagai menu makanan yang lezat seperti kebab babi, babi guling dan olahan lainnya.

Babi Guling/Doc.Ist

Pada hari kedua ini, sabtu (26/10) panitia mengadakan trip ke desa tenun di Pulau Sibandang, hanya dengan bayar ongkos kapal Rp. 10.000 sudah termasuk pulang pergi dengan melihat tenun ulos yang diharapkan memberikan kegembiraan bagi penenun ulos.

Selain itu rangkaian acara pada hari kedua ini juga diisi dengan berbagai acara seperti Lomba Parjambaran, Lomba Kandang Babi Terbersih, Lomba Selfie dengan Babi, Lomba Kuliner Tanggo-tanggo, Lomba Babi Tersemok, Lomba Menebak Berat Babi, Lomba Kuliner Babi Kecap, Lomba Menangkap Babi, Lomba Fashion Show, dan Lomba Kuliner Sate Babi.

Rangkaian acara nantinya ditutup dengan malam pengghargaan dan Festival Art.

Facebook Comments