Seorang Terdakwa Menyanyikan Lagu ‘Kamar 13’ di Persidangan

Hitabatak.com/Jambi,-Salah satu cara terdakwa untuk mengungkapkan penyesalan sekaligus membela diri adalah dengan bernyanyi. Hal itulah yang dilakukan R S dan menjadi sebuah peristiwa yang cukup unik serta menarik saat melakukan persidangan di Pengadilan Muara Balian Jambi, Selasa (8/10)

Terdakwa R S (36) penduduk Desa Sungai Buluh, Muara Bulian, dituntut oleh jaksa Kejari Batanghari 8 bulan penjara.

RS didakwa atas kasus penggelapan sepeda motor. didalam persidangan RS meminta ijin kepada Hakim untuk menyuarakan penyesalannya dengan menyanyikan sebuah lagu di hadapan majelis hakim.

Atas tuntutan jaksa itu, R S meminta izin kepada majelis hakim yang dipimpin oleh Derman P Nababan untuk menyanyikan lagu “Kamar 13” ciptaan Jack Marpaung.

Dilansir dari Laman Tribunmedan.com, Usai menyanyikan lagu itu, terdakwa mengaku menyesal dan memohon keringanan hukuman, sedangkan jaksa tetap pada tuntutannya. dan pada Selasa, 15 Oktober, akan digelar sidang lanjutan.

Ketua Majelis Hakim yang menyidangkan kasus ini Derman P Nababan mengatakan sudah beberapa kali menyaksikan terdakwa menyanyi saat sidang.

“Sering. Apalagi ketika saya bertugas di Pengadilan Negeri Tarutung 2007-2010dan di Pengadilan Negeri Balige 2015-2016 katanya, Rabu (9/10/2019).

Menurut Nababan, nyanyian itu bisa juga sebagai sarana untuk mengutarakan isi hati, keinginan, dan penyesalan.

“Nilai yang terkandung dalam nyanyian tidak terbatas hanya kata-kata. Tetapi ada makna yang dalam dalam nada nyanyian itu, ketika disuarakan,” ujarnya.

Facebook Comments
Baca Juga  KPK : Dana Penanganan Covid-19 jangan sampai dimanfaatkan untuk Kepentingan Pribadi