Sepanjang Sejarah, Puan Maharani Wanita Pertama menjadi Ketua DPR RI

Pelantikan Anggota DPR baru periode 2019-2024 sudah dilaksanakan pada selasa (1/10). Hal ini menandakan bahwa dengan pelantikan anggota DPR periode 2019-2024, masa tugas DPR peridoe 2014-2019 sudah purna.

Seperti diketahui, pimpinan DPR terdiri dari lima yaitu satu orang ketua dan empat orang wakil ketua yang berasal dari partai politik dengan perolehan kursi terbanyak di DPR, berdasarkan UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau MD3

kursi terbanyak diperoleh PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem selaku partai yang masuk lima besar suara terbanyak. Dan PDIP sebagai partai pemenang pemilu maka Ketua DPR diberikan kepada partai pemenang pemilu.

Selanjutnya posisi wakil ketua DPR akan ditempati perwakilan partai dengan perolehan suara terbanyak berikutnya secara berurutan.

Puan Maharani selaku dewan terpilih dari  partai tersebut diamanatkan menjadi ketua DPR.

Dikutip dari laman TEMPO.CO,  Puan Maharani, mengaku bangga karena partai menunjuknya menjadi calon Ketua DPR.

“Pecah telor pimpinan DPR perempuan setelah 70 tahun. Semoga bisa menjadi inspirasi lah,” kata Puan Maharani di Ruangan Fraksi PDIP,  Lantai 7 Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Puan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) sudah mundur dari jabatan sebagai menteri.

“Kemarin saya sudah izin pamit ke presiden untuk mundur agar bisa dilantik menjadi anggota DPR RI,” jelas Puan.

Pelantikan Puan dan empat pimpinan DPR lain akan dilaksanakan pada Selasa (1/10) malam pukul 19.00 WIB.

Facebook Comments