Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu usai meresmikan pengoperasian Bandar Udara Internasional Silangit, pada Jumat (24/11/2017)

Tiket Pesawat Diskon 50% Tiap hari kesepuluh destinasi wisata salah satunya Silangit

Jakarta – Pemerintah mulai menggunakan berbagai upaya dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional untuk mengatasi tekanan dampak virus corona yang membuat ekonomi dunia lesu.

Salah satu kebijakan pemerintah untuk antisipasi virus corona bagi sektor pariwisata Indonesia, Pemerintah memberikan diskon tiket pesawat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sampai 50% yang akan diberlakukan mulai Maret 2020 sampai 3 bulan berikutnya setiap hari termasuk akhir pekan pada bulan Maret, April dan Mei 2020.

Namun diskon penerbangan yang sampai sampai 50% ini tidak kesemua rute penerbangan, melainkan rute menuju 10 destinasi wisata tujuannya agar penerbangan domestik punya daya saing tinggi, yakni :

1. Batam
2. Denpasar
3. Yogyakarta
4. Labuan Bajo
5. Lombok
6. Malang
7. Manado
8. Silangit
9. Tanjung Pandan
10. Tanjung Pinang

Dilansir dari laman CNBC, Novie Riyanto selaku Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Kemenhub menjelaskan bahwa diskon ini berlaku untuk semua penerbangan yang memiliki  Adapun 10 destinasi ini dan sudah melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait secara khusus Kemenkraf.

“Penentuan 10 destinasi ini sudah dikoordinasikan dengan semua kementerian/lembaga terkait, kami berkoordinasi dengan baik dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Novie dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (25/2/20).

Lebih lanjut, Novie menjelaskan diskon ini berlaku dengan kuota 25% dari total kapasitas maksimal setiap penerbangan. Adapun diskon yang berlaku besarannya berbeda pada masing-masing kelas penerbangan.

Untuk penerbangan full service, diskon dipatok 45% dari harga tiket. Selanjutnya penerbangan medium class mencapai 48%, dan low cost carrier (LCC) dipatok 50% dari harga tiket.

“Di dalam komposisi insentif ada kurang lebih 30% dari uang negara (APBN), selanjutnya ada kontribusi dari fuel Pertamina, serta penyelenggara layanan bandara dan navigasi,” imbuhnya.

Facebook Comments
Baca Juga  Raja Belanda Dijadwalkan Ke Danau Toba, Dubes Belanda Kunjungi Samosir