Tingkatkan populasi, Ihan Batak disebar di Danau Toba oleh Menteri Susi Puji Astuti

hitabatak.com > Artikel > Tingkatkan populasi, Ihan Batak disebar di Danau Toba oleh Menteri Susi Puji Astuti

Tingkatkan populasi, Ihan Batak disebar di Danau Toba oleh Menteri Susi Puji Astuti

Hitabatak.com/Toba Samosir. Minggu, 15 September 2019, melihat keberadaan ikan jenis Ihan yang menjadi salah satu jenis ikan batak yang semakin menipis keberadaanya bahkan hampir punah membuat Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Puji Astuti dan pemerintah daerah menabur 1.000 ekor bibit ikan jenis ihan batak bersama dengan beragam bibit ikan yang lain sebanyak 265.000 antara lain , 250 ribu benih ikan nilem oleh Ditjen Perikanan Budidaya dan 15 ribu benih ikan tawes, sehingga ada total sebanyak  266.000 bibit ikan dilepas di Pantai Pare-parean, Porsea, Kabupaten Toba Samosir

 

Menteri Susi mengingatkan akan masyarakat sekitar Danau Toba senantiasa menjaga dan merawat Danau Toba denga menjaga ekosistem agar kehidupan di Danau Toba terus berlanjut.

 

“Dengan kegiatan restocking ikan ini, kita kembalikan lagi ketersediaan ikan khususnya ikan endemik maupun spesifik lokal  untuk menjaga keseimbangan eksosistem lingkungan perairan di Danau Toba,” tutur Susi.

Menteri Susi bersama masyarakat saat melepas ratusan ribu bibit ikan ke Danau toba berharap agar masyarakat memanfaatkan dengan baik dan tetap menjaga pelestarian sumberdaya perikanan, dengan mengontrol penangkapan ikan di Danau Toba sesuai dengan kebutuhan masyarakat saja serta menangkap dengan aturan dan alat yang aman untuk ekosistem danau.

“Apabila penangkapan ikan di Danau Toba ini tidak terkontrol, percuma kita lakukan tebar benih. Gunakan alat tangkap yang sesuai aturan dan ramah lingkungan. Jangan rusak ekosistem perairan agar terus berkelanjutan,” harapnya.

Pun Menteri Susi menghimbau masyarakat didalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan perairan Danau Toba dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana. Salah satu langkah sederhana dengan  dengan tidak membuang sampah plastik, atau sampah yang tidak terurai lainnya.

Baca Juga  Apa Hebatnya Kekerabatan Batak ?

“Jangan mencemari danau dengan buangan limbah industri, limbah rumah tangga atau perkantoran. Saya doromg Pemda setempat agar segera menerbitkan peraturan daerah yang mengatur tentang penggunaan plastik dan pengelolaan sampahnya, tutupnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Aplikasi Hitabatak di Genggaman Anda

Download Sekarang di PlayStore.