19 Gudang Bulog Berkapasitas 60 Ribu Ton Siap Suplai Kebutuhan Pangan IKN
Badan Pangan Nasional pastikan pasokan pangan untuk IKN Nusantara. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Pekerja di gudang Bulog. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Pekerja di gudang Bulog. Foto: Fitra Andrianto/kumparan

Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Sarwo Edhy, mengatakan wilayah Provinsi Kalimantan Timur khususnya di IKN Nusantara akan mengalami peningkatan jumlah penduduk seiring dengan berkembangnya pembangunan IKN.

Dengan begitu, pemerintah saat ini juga memperhatikan titik-titik sumber pangan yang bisa memasok kebutuhan pangan ke IKN Nusantara.

"Hari ini kita punya 19 unit gudang Bulog dengan kapasitas total 60.000 ton yang berada di sekitar IKN dan siap menunjang kebutuhan pangan daerah. Jika memang masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan, maka tentunya kita upayakan meningkatkan stok dan infrastruktur yang bisa menunjang ketahanan pangan," kata Sarwo di Kutai Kartanegara, Sabtu (25/11).

Sarwo menjelaskan, sebagian besar kebutuhan pangan di Kalimantan Timur dipasok dari beberapa daerah lain seperti Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

"Di sisi lain, dengan berpindahnya penduduk ke IKN, kebutuhan pangan juga akan meningkat secara signifikan. Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama, dan bahwa sinergi dan kolaborasi menjadi kunci," ungkapnya.

Menurut BPS, total produksi beras Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2023 diperkirakan sekitar 125,23 ribu ton, atau mengalami penurunan sebesar 14 ribu ton (10,08 persen) dibandingkan produksi beras pada tahun 2022.

"Tentunya kita semua terus berharap ke depan, produksi bisa ditingkatkan agar ketahanan pangan, baik di daerah maupun nasional semakin kuat. Di sisi lain, kami juga mohon agar alih fungsi lahan dapat ditekan sehingga lahan sawah dan lahan perkebunan tetap abadi untuk ketahanan pangan nasional. Sekali lagi ini bisa dicapai dengan kolaborasi yang kuat dari kita semua., tegas Sarwo.

Pekerja memindahkan karung berisi beras di gudang milik Perum Bulog Kantor Wilayah Sumsel-Babel di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/3/2023). Foto: Nova Wahyudi/Antara Foto
Pekerja memindahkan karung berisi beras di gudang milik Perum Bulog Kantor Wilayah Sumsel-Babel di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/3/2023). Foto: Nova Wahyudi/Antara Foto

Sementara, Sekda Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono menyebut terdapat 5 kawasan pertanian yang digenjot untuk menopang kebutuhan pangan di wilayah tersebut.

Adapun 5 kawasan tersebut telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, yakni kawasan I meliputi Sebulu-Muara Kaman terdiri Desa Sumber Sari, Manunggal Jaya, Cipare Makmur, Sido Mukti, Panca Jaya dan Bunga Jadi dengan luasan 1.520 hektar.

Kemudian kawasan II berada Tenggarong Seberang I terdiri Desa Bangun Rejo, Karang Tunggal, Manunggal Jaya, Bukit Raya, Loa Lepu, Teluk Dalam, Loa Ulung dan Embalut luas lahan sekitar 1.650 hektar

Sementara kawasan III, yaitu Tenggarong Seberang II seluas 2,160 hektar yang terletak di Desa Kertabuana, Buana Jaya, Bukit Pariaman, Sukamaju dan Separe. Kawasan IV berada di Kecamatan Tenggarong dan Loa Kulu meliputi Kelurahan Bukit Biru, Jahab, Desa Jembayan, Sumber Sari, Sepakat, Ponoragan dan Rempanga dengan luas 1.216,61 hektar.

"Dan yang terakhir Kawasan V ada di Marangkayu terletak di Desa santan Ulu, Semangko dan Sebuntal sekitar 1.082,16 hektar," kata dia.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/19-gudang-bulog-berkapasitas-60-ribu-ton-siap-suplai-kebutuhan-pangan-ikn-21e5YfXWIwn

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations