2 Ayat Terakhir Al-Baqarah: Bacaan Arab, Latin, dan Artinya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah, Sumber Unsplash Aqwam Jembatan Ilmu
Ilustrasi 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah, Sumber Unsplash Aqwam Jembatan Ilmu

Ada berbagai hal baik yang bisa dilakukan di bulan Ramadan ini. Misalnya adalah membaca 2 ayat terakhir Al-Baqarah. Terlebih lagi membaca ayat Al-Qur’an dapat mendatangkan pahala.

Tak hanya sekadar membacanya saja, umat muslim juga bisa memahami artinya. Hal ini akan membantu umat muslim untuk mengetahui makna di balik dua ayat tersebut.

Bacaan 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah beserta Artinya

Ilustrasi 2 Ayat Terakhir Al-Baqara, Sumber Unsplash Mataq Arul Ulum
Ilustrasi 2 Ayat Terakhir Al-Baqara, Sumber Unsplash Mataq Arul Ulum

Surat Al Baqarah terdiri dari 286 ayat. Dengan demikian, dua ayat terakhir dari surat tersebut adalah ayat 285 dan 286. Berikut bacaan 2 ayat terakhir Al-Baqarah beserta latin dan artinya yang dikutip dari quran.nu.or.id.

1. Surat Al-Baqarah Ayat 285

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ ۝٢٨٥

âmanar-rasûlu bimâ unzila ilaihi mir rabbihî wal-mu'minûn, kullun âmana billâhi wa malâ'ikatihî wa kutubihî wa rusulih, lâ nufarriqu baina aḫadim mir rusulih, wa qâlû sami‘nâ wa atha‘nâ ghufrânaka rabbanâ wa ilaikal-mashîr
Artinya: "Rasul (Muhammad) beriman pada apa (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang mukmin. Masing-masing beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata,) “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Mereka juga berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Hanya kepada-Mu tempat (kami) kembali."

2. Surat Al-Baqarah Ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَاۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَࣖ ۝٢٨٦

lâ yukallifullâhu nafsan illâ wus‘ahâ, lahâ mâ kasabat wa ‘alaihâ maktasabat, rabbanâ lâ tu'âkhidznâ in nasînâ au akhtha'nâ, rabbanâ wa lâ taḫmil ‘alainâ ishrang kamâ ḫamaltahû ‘alalladzîna ming qablinâ, rabbanâ wa lâ tuḫammilnâ mâ lâ thâqata lanâ bih, wa‘fu ‘annâ, waghfir lanâ, war-ḫamnâ, anta maulânâ fanshurnâ ‘alal-qaumil-kâfirîn
Artinya: "Allah tidak membebani seseorang, kecuali menurut kesanggupannya. Baginya ada sesuatu (pahala) dari (kebajikan) yang diusahakannya dan terhadapnya ada (pula) sesuatu (siksa) atas (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa,) “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami. Maka, tolonglah kami dalam menghadapi kaum kafir."

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Bacaan Arab 2 ayat terakhir Al-Baqarah lengkap dengan latin dan artinya ini dapat dibagikan kepada umat muslim lainnya. Dengan demikian, akan ada lebih banyak umat muslim yang membaca kedua ayat surat tersebut dan memahami artinya. (LOV)

https://kumparan.com/berita-terkini/2-ayat-terakhir-al-baqarah-bacaan-arab-latin-dan-artinya-22RcGab9WzX

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations