2 Kategori Pengelompokan Identitas menurut Anthony Giddens
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi pengelompokan identitas menurut anthony giddens adalah identitas - Sumber: pixabay.com/pexels
Ilustrasi pengelompokan identitas menurut anthony giddens adalah identitas - Sumber: pixabay.com/pexels

Pengelompokan identitas menurut Anthony Giddens adalah identitas manusia berdasarkan beberapa aspek. Ketika berbicara tentang siapa diri manusia sebenarnya, artinya sedang membicarakan tentang identitas.

Pengelompokan identitas adalah konsep cara individu atau kelompok mengidentifikasi diri mereka dan orang lain berdasarkan karakteristik atau atribut tertentu. Biasanya digunakan dalam berbagai konteks untuk memahami bagaimana identitas individu terbentuk dan bagaimana mereka mengelompokkan diri dalam masyarakat.

Pengelompokan Identitas menurut Anthony Giddens adalah Identitas Pribadi dan Sosial

Ilustrasi pengelompokan identitas menurut anthony giddens adalah identitas - Sumber: Unsplash.com/Brooke Cagle
Ilustrasi pengelompokan identitas menurut anthony giddens adalah identitas - Sumber: Unsplash.com/Brooke Cagle

Berdasarkan buku Conversations with Anthony Giddens: Making Sense of Modernity, Anthony Giddens, Christopher Pierson, (2013), sebagai seorang sosiolog terkenal, Giddens mengelompokkan identitas menjadi dua kategori besar.

Pengelompokan identitas menurut Anthony Giddens adalah identitas pribadi dan identitas sosial. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Identitas Pribadi

Identitas pribadi adalah cara seseorang melihat dirinya sendiri secara individu. Termasuk nilai-nilai, kepercayaan, minat, dan pengalaman pribadi yang membentuk siapa diri seseorang tersebut sebagai manusia.

Contohnya, ketika berbicara tentang apa yang membuat seseorang unik, seperti hobi, cita-cita hidup, atau pengalaman yang dimiliki, artinya sedang membicarakan identitas pribadi. Identitas pribadi membantu seseorang memahami dirinya dan membuat keputusan yang sesuai dengan nilai dan keinginannya.

2. Identitas Sosial

Di sisi lain, identitas sosial adalah bagaimana seseorang dilihat oleh masyarakat atau kelompok di tempat mereka berada. Termasuk atribut-atribut yang dibagikan dengan orang lain, seperti gender, etnisitas, agama, atau status sosial.

Identitas sosial membentuk bagian dari identitas seseorang yang terbentuk oleh norma-norma sosial dan budaya yang ada di lingkungan. Misalnya, ketika mengidentifikasi diri sebagai seorang siswa, seorang pekerja, atau seorang warga negara, artinya sedang menggambarkan identitas sosial.

Baca Juga: Pembentukan Identitas Sosial Individu Menggunakan Model Interaksional

Identitas pribadi dan identitas sosial merupakan dua aspek penting dari siapa diri seseorang sebagai individu dan bagaimana cara berinteraksi dengan masyarakat di sekitar. Memahami perbedaan antara keduanya membantu memahami diri dan hubungan dengan orang lain.

Pengelompokan identitas menurut Anthony Giddens adalah identitas pribadi dan sosial. Dengan memahami identitas pribadi dan identitas sosial, seseorang dapat memahami lebih baik bagaimana pengalaman individu berkaitan dengan pengalaman kolektif masyarakat yang lebih luas. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/2-kategori-pengelompokan-identitas-menurut-anthony-giddens-22sWDp1p6Py

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations