3 Cara Mengungkapkan Marah dengan Tepat agar tetap Bijak
Oleh Berita Terkini
Cara mengungkapkan marah dengan tepat. Sumber: pexels.com
Cara mengungkapkan marah dengan tepat. Sumber: pexels.com

Emosi dalam diri manusia ada bermacam-macam. Salah satunya adalah marah. Sering kali kebanyakan orang tidak bisa mengontrol diri saat sedang marah. Padahal ada berbagai macam cara mengungkapkan marah dengan tepat.

Dengan begitu, pelampiasan dari emosi tersebut bisa lebih bijak dan positif serta tidak melukai siapapun. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara-cara ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Mengungkapkan Marah dengan Tepat

Cara mengungkapkan marah dengan tepat. Sumber: pexels.com
Cara mengungkapkan marah dengan tepat. Sumber: pexels.com

Mengutip dari buku Berdamai dengan Rasa Marah: Karena Tidak Selamanya Marah Sanggup Menyelesaikan Semua Masalah, Era Findiani (2020:67), marah merupakan reaksi dari penafsiran dan kemungkinan ancaman terhadap diri orang yang dicintai atau bagian lain dari diri sendiri. Selain itu, kemarahan juga menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salam yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

Adapun beberapa cara mengungkapkan marah dengan tepat agar tetap bisa bersikap bijak adalah sebagai berikut.

1. Ambil Napas Dalam-Dalam

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mulai kesulitan mengontrol diri saat marah adalah mengambil napas dalam-dalam. Teknik pernapasan ini akan membuat seseorang merasa lebih tenang saat sedang marah.

Cara melakukannya juga sangat mudah karena hanya perlu menghirup udara dari perut dan tahan sejenak, kemudian hembuskan. Lakukan selama 5-10 menit hingga mulai merasa tenang kembali.

2. Memikirkan Visualisasi yang Menenangkan

Ketika sedang dirundung amarah, coba bayangkan hal-hal atau sesuatu yang baik dan menenangkan. Misalnya, memikirkan tempat yang bisa membuat diri sendiri merasa lebih bahagia, damai, dan juga aman. Selain itu, fokus juga pada detail sensorik dari visualisasi tersebut hingga rasa cemas dan marah mulai hilang.

3. Mengenali Pemicu Rasa Marah dan Temukan Alternatifnya

Mengenali pemicu munculnya rasa amarah dapat membuat seseorang lebih mudah dalam mencari alternatifnya. Jadi, seseorang bisa dengan mudah mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menghindari hal-hal tersebut.

Apabila merasa tidak yakin dari mana kemarahan tersebut berasal, maka bisa mengingatkan diri untuk mengambil waktu sejenak ketika merasa marah. Gunakanlah waktu ini untuk mencatat apa yang terjadi ketika perasaan marah itu datang dan penyebabnya.

Baca Juga: Pengertian Ekspresi dan Jenis-jenisnya Secara Umum

Demikian beberapa cara mengungkapkan marah dengan tepat yang bisa coba dipraktikkan. Semoga membantu. (Anne)

https://kumparan.com/berita-terkini/3-cara-mengungkapkan-marah-dengan-tepat-agar-tetap-bijak-21tBAcuWx5d

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations