3 Ciri Khas dari Ideologi Terbuka yang Ada pada Pancasila
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Uraikan Mengenai Ciri Khas dari Ideologi Terbuka!, Sumber Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Uraikan Mengenai Ciri Khas dari Ideologi Terbuka!, Sumber Unsplash/Mufid Majnun

Uraikan mengenai ciri khas dari ideologi terbuka! Soal ini menjadi tugas siswa kelas XII dalam Pendidikan Kewarganegaraan.

Siswa diharapkan dapat mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka. Selain itu, juga dapat menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.

Uraikan Mengenai Ciri Khas dari Ideologi Terbuka! Simak Penjelasannya

Ilustrasi Uraikan Mengenai Ciri Khas dari Ideologi Terbuka! Sumber Unsplash/Syahrul Alamsyah Wahid
Ilustrasi Uraikan Mengenai Ciri Khas dari Ideologi Terbuka! Sumber Unsplash/Syahrul Alamsyah Wahid

Indonesia dengan ideologi Pancasila memiliki arti cita-cita atau pandangan dalam mendukung tercapainya tujuan bangsa. Berdasarkan buku Kewarganegaraan, Aim Abdulkarim (2008:5), berikut adalah jawaban untuk soal uraikan mengenai ciri khas dari ideologi terbuka.

Terdapat beberapa dimensi yang menunjukkan ciri khas dalam ideologi Pancasila, yaitu sebagai berikut.

  1. Dimensi Teologis, artinya dimensi yang menunjukkan bahwa pembangunan mempunyai tujuan, yaitu mewujudkan cita-cita Proklamasi 1945.

  2. Dimensi Etis, artinya, dimensi yang menunjukkan bahwa dalam Pancasila, manusia dan martabatnya memiliki kedudukan yang sentral untuk mengangkat derajat manusia.

  3. Dimensi Integral-Integratif, artinya dimensi yang menempatkan manusia tidak secara individualis, tetapi dalam konteks strukturnya dalam keseluruhan sistem yang meliputi masyarakat, dunia, dan lingkungannya.

Pancasila perlu tampil sebagai ideologi terbuka, karena ketertutupan hanya membawa pada kemandegan bangsa.

Keterbukaan bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar Pancasila, melainkan mengeksplisitkan wawasannya secara lebih konkret, sehingga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah baru.

Ideologi terbuka tidak dipaksakan dari luar, tetapi justru terbentuk atas kesepakatan masyarakat, sehingga merupakan milik masyarakat.

Sebaliknya, ideologi tertutup memutlakkan pandangan secara totaliter, sehingga masyarakat tidak mungkin memilikinya. Dalam ideologi tertutup, masyarakat dan martabat manusia akan dikorbankan.

Berbeda halnya dengan ideologi terbuka, yang di dalamnya terdapat cita-cita dan nilai-nilai yang bersifat mendasar, dan tidak langsung bersifat operasional.

Syarat Terwujudnya Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila sebagai ideologi terbuka akan terwujud jika syarat berikut ini dapat dilaksanakan secara optimal.

  1. Perlunya dinamisasi kehidupan masyarakat, agar tumbuh mekanisme sosial yang mampu menanggapi permasalahan dengan daya-daya inovasi, kreasi, dan kompetisi.

  2. Perlunya demokratisasi masyarakat yang mampu membentuk setiap warga negara menjadi dewasa dan mampu bertindak berdasarkan keputusan dan tanggung jawab pribadi.

  3. Perlu terjadinya fungsionalisasi atau refungsionalisasi lembaga-lembaga pemerintah dengan lembaga-lembaga masyarakat.

  4. Perlu dilaksanakan institusionalisasi nilai-nilai yang membuat seluruh mekanisme masyarakat berjalan dengan wajar dan sehat.

Baca juga: Pengertian Kedudukan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Uraikan mengenai ciri khas dari ideologi terbuka! Cirinya yaitu nilai-nilai dan cita-cita yang tidak dipaksakan dari luar, tetapi digali dan diambil dari kekayaan budaya masyarakat, serta membuka diri terhadap perkembangan baru.(DK)

https://kumparan.com/berita-terkini/3-ciri-khas-dari-ideologi-terbuka-yang-ada-pada-pancasila-20zVu0BC3Wk

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations