3 Contoh Soal Literasi dan Numerasi ANBK SMP 2023
Oleh Berita Terkini
Contoh soal literasi dan numerasi. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Ivan Aleksic
Contoh soal literasi dan numerasi. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Ivan Aleksic

Contoh soal literasi dan numerasi ANBK SMP 2023 dibutuhkan para peserta didik untuk persiapan mengikuti ujian asesmen. ANBK merupakan program evaluasi yang dijalankan demi meningkatkan mutu pendidikan.

Hasil yang diperoleh nantinya mencakup input, proses, dan hasil dari proses pembelajaran di suatu sekolah tertentu. Oleh karena itu, ANBK mengandung instrumen AKM literasi-numerasi, survey lingkungan belajar (sulingjar), dan survey karakter.

Contoh Soal Literasi dan Numerasi

Contoh soal literasi dan numerasi. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Vitolda Klein
Contoh soal literasi dan numerasi. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Vitolda Klein

Dikutip dari situs resmi KBBI (https://kbbi.kemdikbud.go.id/), literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Sedangkan numerasi adalah kecakapan untuk menggunakan berbagai angka dan simbol.

Siswa SMP perlu mempelajarinya terlebih dahulu soal-soal literasi-numerasi sebelum tes berlangsung. Berikut contoh soal literasi dan numerasi ANBK SMP 2023.

  1. Sebuah kota di Jawa Barat memiliki populasi sebanyak 100.000 di Januari 2015. Peningkatan jumlah penduduk mencapai 5% per tahun. Pemerintah kota berencana akan membangun sebuah sekolah yang baru, jika jumlah penduduk minimal 120.000 Di tahun keberapa, sekolah baru akan dibangun? A. Januari 2018 B. Januari 2019 C. Januari 2020 D. Januari 2021 E. Januari 2022 Jawaban: B “Aku tadi menawarkan bibit pohon belimbing kepada beberapa tetangga. Kalau mereka ikut menanam pohon, jalan kampung ini akan menjadi lebih teduh. Tidak seperti sekarang, ada bagian yang teduh, ada bagian yang panas,” keluhku. “Ada yang beralasan, air sedang susah didapat. Ada yang berkata, ‘Nanti, ya, tunggu musim hujan datang lagi.’ Aku kecewa, Yah.”

    “Hmm… Mereka tidak ingin menggunakan air terlalu banyak. Saat ini, memang sebaiknya kita hemat air,” kata Ayah. Tentu saja, aku semakin merengut. Kalau air tetap sukar didapat, tidak ada orang yang mau menanam pohon belimbing wuluh itu.

    “Tapi, jangan khawatir. Masalah air untuk menyiram tanaman sebentar lagi akan terbantu oleh proyek Pak RT,” kata Ayah. “Kampung kita akan punya Pandora L.”

    “Pandora L? Apa itu, Yah?”

    “Ini maket dari pengolahan limbah yang baru saja selesai dibangun di kampung kita. Bangunan ini ada di dalam tanah dan berguna untuk mengolah limbah rumah tangga saja, seperti air cucian,” kata Ayah.

    Air hasil pengolahan dari Pandora L digunakan untuk kegiatan menyiram tanaman dan mencuci kendaraan.

    Pemasangan Pandora L terletak di Kampung Genteng Candirejo di tengah kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

    (Diadaptasi dari Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh karya Tyas KW)

  2. Dibawah ini adalah hal-hal yang menjadi topik pembicaraan antara tokoh Aku dan Ayah, kecuali ... A. Kekurangan air di musim kemarau B. Alat untuk mengolah air C. Pengadaan biaya untuk pemasangan pandora D. Penanaman belimbing wuluh Jawaban: C Perempuan-Perempuan Perkasa Karya: Hartojo Andangdjaja, 1963

    Perempuan-Perempuan Perkasa Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta, dari manakah mereka Ke setasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum peluit kereta pagi terjaga sebelum hari bermula dalam pesta kerja Perempuan-perempuan yang membawa bakul dalam kereta, ke manakah mereka Di atas roda-roda baja mereka berkendara Mereka berlomba dengan surya menuju ke gerbang kota merebut hidup di pasar-pasar kota Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta, siapakah mereka Mereka ialah ibu-ibu yang perkasa akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota Mereka: cintakasih yang bergerak menghidupi desa demi desa.

  3. Untuk apa perempuan-perempuan itu membawa bakul ke kereta? Jawaban: Perempuan-perempuan itu membawa bakul ke kereta untuk membawa barang dagangan ke kota.

Baca juga: 3 Contoh Soal ANBK Kelas 5 SD Lengkap dengan Jawaban untuk Belajar

Itulah contoh soal literasi dan numerasi ANBK SMP 2023 yang dapat siswa gunakan sebagai tolok ukur sejauh mana persiapan yang telah dipelajari. Semoga mendapatkan hasil ujian yang terbaik! (Gin)

https://kumparan.com/berita-terkini/3-contoh-soal-literasi-dan-numerasi-anbk-smp-2023-211rw0ZtLSS

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations