3 Tugas Komite ASEAN untuk Pendidikan di Asia Tenggara
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi jelaskan tugas komite asean untuk pendidikan - Sumber: pexels.com
Ilustrasi jelaskan tugas komite asean untuk pendidikan - Sumber: pexels.com

Jelaskan tugas komite ASEAN untuk pendidikan! Komite ASEAN untuk pendidikan dikenal dengan nama ASEAN Committee on Education (COE). Sesuai namanya, komite ini bertugas dan bertanggung jawab dalam sektor pendidikan di Asia Tenggara.

ASEAN Committee on Education bertanggung jawab untuk mempromosikan kerja sama di bidang pendidikan di antara negara-negara anggota ASEAN. Mulai dari menerapkan standar kurikulum sampai dengan pelaksanaan pertukaran pelajar.

Jelaskan Tugas Komite ASEAN untuk Pendidikan!

Ilustrasi jelaskan tugas komite asean untuk pendidikan - Sumber: pixabay.com/stokpic
Ilustrasi jelaskan tugas komite asean untuk pendidikan - Sumber: pixabay.com/stokpic

ASEAN Committee on Education, memiliki tanggung jawab utama dalam memajukan kerja sama di sektor pendidikan di wilayah ASEAN. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memperkuat SDM, dan memajukan integrasi regional pendidikan.

Berdasarkan materi di buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 6 Semester 2, Desi Damayanti dkk, 2021, fokus utamanya ASEAN COE adalah untuk menyesuaikan standar ijazah, memperkuat, dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan generasi muda.

Dari fokus tersebut, bisa menjadi referensi jawaban untuk pertanyaan jelaskan tugas komite ASEAN untuk pendidikan. Tugas ASEAN COE antara lain adalah:

1. Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Komite ini berperan dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang bersifat regional di ASEAN. Termasuk membahas dan merancang strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mengatasi tantangan, dan memajukan pendidikan di wilayah Asia Tenggara.

2. Pembangunan Kurikulum

ASEAN COE juga mengembangkan kurikulum yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan regional di ASEAN. Termasuk mempromosikan integrasi mata pelajaran yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja dan pembangunan ekonomi di wilayah ASEAN.

3. Pertukaran Pengalaman dan Pengetahuan

Komite ini memfasilitasi pertukaran pengalaman dan pengetahuan di antara negara-negara anggota ASEAN dalam hal kebijakan pendidikan, praktik terbaik, inovasi, dan riset pendidikan. Tujuannya adalah untuk memperkuat kerja sama di bidang pendidikan.

Baca Juga: 4 Tujuan Indonesia Menggagas Dibentuknya Komunitas Keamanan ASEAN

ASEAN COE juga mendukung program untuk meningkatkan mobilitas pendidikan di antara negara-negara ASEAN. Seperti program pertukaran siswa, guru, dosen, serta mendorong lembaga dan sekolah untuk mencari mitra kerja sama di wilayah Asia Tenggara.

Dari penjelasan untuk menjawab jelaskan tugas komite ASEAN untuk pendidikan tadi, bisa disimpulkan bahwa ASEAN COE berperan penting dalam memajukan pendidikan. Meningkatkan kesempatan pendidikan dan memperkuat integrasi regional di wilayah ASEAN. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/3-tugas-komite-asean-untuk-pendidikan-di-asia-tenggara-227me0lPoR5

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations