4 Cara Ajaran Islam Menyebar di Kawasan Indonesia
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Ajaran Islam Menyebar di Kawasan Indonesia Melalui, Sumber Unsplash Dimas Rachmatsyah
Ilustrasi Ajaran Islam Menyebar di Kawasan Indonesia Melalui, Sumber Unsplash Dimas Rachmatsyah

Islam adalah salah satu agama yang diakui di Indonesia. Ajaran Islam menyebar di kawasan Indonesia melalui empat cara. Contohnya adalah pendidikan.

Dengan cara-cara tersebut, ajaran Islam bisa menjangkau berbagai daerah. Bahkan, kini Islam menjadi agama mayoritas penduduk di Indonesia.

Ajaran Islam Menyebar di Kawasan Indonesia Melalui Cara Apa Saja?

Ilustrasi Ajaran Islam Menyebar di Kawasan Indonesia Melalui, Sumber Unsplash Ache Dipro
Ilustrasi Ajaran Islam Menyebar di Kawasan Indonesia Melalui, Sumber Unsplash Ache Dipro

Menurut buku Kisah-Kisah Islami Inspiratif for Kids, A. Septiyani (2021: 35), Islam adalah suatu agama yang disebarkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat dengan penuh perjuangan. Agama inipun menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia.

Ajaran Islam menyebar di kawasan Indonesia melalui empat cara. Berikut penjelasannya.

1. Pendidikan

Islam masuk dan menyebar di berbagai daerah Indonesia bisa melalui jalur pendidikan. Hal ini disebabkan oleh adanya para pendakwah yang mendedikasikan hidupny auntuk menyebarkan Islam ke beragam daerah baru.

Dengan dedikasinya tersebut, para pendakwah ini bisa membuat Islam berkembang luar. Bahkan, ajarannya dapat menjangkau beragam daerah yang jauh dari pusat keramaian di kala itu.

2. Perdagangan

Pada abad ke-7 hingga ke-11, ada banyak pedagang beragama Islam yang datang ke wilayah pesisir Indonesia. Misalnya adalah daerah Aceh, Palembang, Makassar, Gresik, dan lain sebagainya.

Tak hanya berdagang saja, para pedagang ini juga menyebarkan agama Islam. Namun biasanya, para pedagang hanya menjangkau daerah pesisir saja.

3. Akulturasi

Islam juga menyebar melalui akulturasi budaya. Cara ini digunakan oleh Walisongo yang terkenal sebagai wali-wali penyebar agama Islam. Dengan cara ini, masyarakat diyakinkan bahwa Islam sesuai dengan budaya penduduk setempat.

Salah satu contoh hasil akulturasi budaya adalah adanya unsur-unsur Islam dalam pewayangan Jawa seperti jimat kalimasada yang dimiliki Prabu Puntadewa. Sejatinya, jimat ini adalah ajaran Islam oleh Sunan Kaliljaga.

4. Pernikahan

Pernikahan juga bisa menjadi cara Islam menyebar di Indonesia. Hal ini dilakukakn oleh para ulama dari luar Indonesia hingga abad ke-13 Masehi. Orang-orang yang akan menikah dengan para ulama ini harus masuk Islam dulu sebelum akad nikah dilakukan.

Baca juga: 5 Kerajaan Islam Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya

Jadi, ajaran Islam menyebar di kawasan Indonesia melalui empat cara. Keempat cara tersebut adalah pendidikan, perdagangan, akulturasi, dan pernikahan. (LOV)

https://kumparan.com/berita-terkini/4-cara-ajaran-islam-menyebar-di-kawasan-indonesia-22FMjWqFOEP

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations