4 Cara Merangkai Gerak Tari Kreasi
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi untuk Cara Merangkai Gerak Tari. Sumber: Unsplash/Mtsjrdl
Ilustrasi untuk Cara Merangkai Gerak Tari. Sumber: Unsplash/Mtsjrdl

Terdapat beberapa jenis seni tari yang dikenal di Indonesia, misalnya tari kreasi. Setiap jenis tari memiliki gerakan yang berbeda-beda. Cara merangkai gerak tari kreasi penting untuk dipelajari agar semakin memahami jenis tari ini.

Berbeda dengan tari tradisional, seniman bisa menciptakan variasi pada tari kreasi. Dengan begitu, tari kreasi memiliki kesan unik dan selalu ada yang baru.

Mengenal Tari Kreasi

Ilustrasi untuk Cara Merangkai Gerak Tari. Sumber: Unsplash/Samantha Weisburg
Ilustrasi untuk Cara Merangkai Gerak Tari. Sumber: Unsplash/Samantha Weisburg

Apa itu tari kreasi? Mengutip dari Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 6 Semester 2, Damayanti, dkk (2021:20), tari kreasi merupakan bentuk gerakan tari baru yang dirangkai dari perpaduan gerak tari tradisional dengan tari tradisional klasik.

Tari kreasi merupakan salah satu bentuk seni tari yang berkembang di masyarakat. Terdapat pengembangan serta inovasi pada tari kreasi sehingga terlihat lebih modern dan lebih mudah diterima masyarakat.

Berbeda dengan tari tradisional, tari kreasi tidak terikat pada aturan tertentu yang ada pada tari tradisional. Hal ini membuat seniman bisa leluasa dalam menciptakan gerakan tari kreasi.

Cara Merangkai Gerak Tari Kreasi

Ilustrasi untuk Cara Merangkai Gerak Tari. Sumber: Unsplash/Danielle Cerullo
Ilustrasi untuk Cara Merangkai Gerak Tari. Sumber: Unsplash/Danielle Cerullo

Bagaimana cara merangkai gerak tari kreasi? Dalam pembuatannya, ada beberapa langkah atau prosedur yang perlu dilakukan. Berikut penjelasan langkah pembuatan tari kreasi.

1. Tahap Eksplorasi

Tahap pertama dalam pembuatan tari kreasi adalah tahap eksplorasi. Tahap ini berhubungan dengan pencarian gerak agar bisa menghasilkan teknik gerak. Pada tahap eksplorasi, diperlukan kreativitas tinggi supaya bisa menafsirkan gerak menjadi bentuk tarian.

2. Tahap Improvisasi

Tahap berikutnya adalah tahap improvisasi. Tahap ini merupakan prosedur kreatif yang bertujuan untuk mengembangkan hasil yang diperoleh dari tahap eksplorasi. Tahap improvisasi memungkinkan tercipta banyak gerakan dari tahap sebelumnya.

3. Tahap Evaluasi

Selanjutnya adalah tahap evaluasi yang dikerjakan setelah menyelesaikan tahap improvisasi. Dalam tahap ini dilakukan penilaian dan seleksi untuk setiap gerakan yang didapat dari tahap improvisasi.

4. Tahap Komposisi Tari

Tahap terakhir adalah tahap komposisi tari. Tahap ini bertujuan untuk menemukan gerak yang akhirnya akan membentuk tari kreasi. Tahap ini juga bertujuan untuk menggabungkan semua teknik gerakan menjadi suatu kesatuan utuh sehingga membentuk seni tari kreasi yang baru.

Baca juga: Tari Klasik: Seni Tari yang Lahir di Lingkungan Keraton

Jadi, ada 4 cara merangkai gerak tari kreasi yang harus dilakukan. Salah satu langkahnya adalah tahap eksplorasi. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/4-cara-merangkai-gerak-tari-kreasi-22EwouPwxrI

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations