4 Contoh Dampak Negatif Akulturasi Budaya dalam Kehidupan Masyarakat
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi sebutkan contoh dampak negatif akulturasi budaya - Sumber: pexels.com/@nasirun-khan
Ilustrasi sebutkan contoh dampak negatif akulturasi budaya - Sumber: pexels.com/@nasirun-khan

Sebutkan contoh dampak negatif akulturasi budaya yang terjadi di Indonesia! Akulturasi budaya adalah proses pertukaran dan perpaduan unsur-unsur budaya dari dua kelompok budaya yang berbeda.

Meskipun memiliki dampak positif, akulturasi juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat. Itulah sebabnya masyarakat perlu memahami batas percampuran budaya-budaya tersebut.

Sebutkan Contoh Dampak Negatif Akulturasi Budaya!

Ilustrasi sebutkan contoh dampak negatif akulturasi budaya - Sumber: pixabay.com/masbabal
Ilustrasi sebutkan contoh dampak negatif akulturasi budaya - Sumber: pixabay.com/masbabal

Dalam akulturasi budaya di masyarakat, unsur-unsur yang sering mengalami pertukaran atau perpaduan adalah nilai, norma, bahasa, kepercayaan, dan praktik-praktik sosial lainnya. Proses akulturasi dapat menimbulkan interaksi damai dan saling terbuka antarkelompok.

Berdasarkan buku IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah), Nana Supriatna, dkk, (2006), akulturasi budaya juga dapat memunculkan adanya tekanan, konflik, dan kekuasaan yang tidak seimbang.

Jika diminta untuk sebutkan contoh dampak negatif akulturasi budaya, inilah beberapa di antaranya:

1. Menurun atau Hilangnya Identitas Budaya

Proses akulturasi dapat menyebabkan menurun bahkan hilangnya identitas budaya asli. Penerimaan unsur budaya baru yang dominan dapat membuat masyarakat kehilangan kebiasaan, tradisi, dan bahasa asli mereka.

2. Konflik Identitas

Adanya akulturasi yang tidak seimbang dapat menciptakan konflik identitas di antara individu atau kelompok. Masyarakat yang mengalami integrasi budaya bisa saja merasa terancam atau kehilangan rasa kepemilikan terhadap budaya asli mereka.

3. Kesenjangan Sosial

Akulturasi juga dapat menyebabkan ketidaksetaraan sosial. Kelompok yang lebih kuat atau dominan bisa saja mendikte norma budaya kepada kelompok yang lebih lemah. Ini akhirnya akan menyebabkan adanya ketidaksetaraan dan perpecahan dalam masyarakat.

4. Perubahan Nilai dan Norma

Proses akulturasi budaya dapat mengubah nilai-nilai dan norma yang telah dianut oleh masyarakat. Jika nilai-nilai tradisional digantikan oleh nilai-nilai baru yang tidak selaras dengan budaya asli, ini dapat mengganggu keseimbangan sosial dan moral.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh-Contoh Akulturasi Budaya dalam Aspek-aspeknya di Indonesia

Di Indonesia, salah satu contoh dampak dari adanya akulturasi adalah terjadinya perubahan pola pikir dan gaya hidup masyarakat. Hal ini cukup mengkhawaturkan karena dapat mengarah pada gaya hidup yang kurang sehat atau merugikan.

Itu tadi jawaban untuk sebutkan contoh dampak negatif akulturasi budaya. Perlu diingat bahwa akulturasi juga dapat membawa dampak positif, seperti peningkatan diversitas dan pertukaran budaya yang saling menguntungkan. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/4-contoh-dampak-negatif-akulturasi-budaya-dalam-kehidupan-masyarakat-224sysCroad

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations