4 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia dan Cara Menjaga Persatuan
Oleh Berita Terkini
Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ryoji Iwata
Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ryoji Iwata

Keberagaman merupakan salah satu kondisi di mana terdapat perbedaan dalam berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat. Pada praktiknya ada beberapa faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

Keberagaman ini tentunya harus disikapi dengan bijak karena jika tidak maka akan menimbulkan perpecahan. Jadi, setiap warga negara Indonesia harus mengetahui bagaimana cara menjaga persatuan bangsa.

4 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Cory Schadt
Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Cory Schadt

Dikutip dari buku Human Diversity and Equality karya Yuniar dkk., (2022), keberagaman mengacu pada perbedaan dan juga mengacu pada kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang kehidupan .

Bangsa Indonesia sendiri termasuk bangsa yang memiliki banyak keberagaman. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya suku bangsa yang ada di Indonesia, selain itu budaya yang ada di Indonesia juga sangat beragam.

Tentunya ini harus disikapi dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat. Lalu, apa saja faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Letak Strategis

Faktor pertama yang membuat keberagaman di Indonesia sangat besar adalah faktor letak yang strategis. Di mana Indonesia secara geografis diapit langsung oleh dua benua yang besar yaitu Benua Asia dan juga Benua Australia.

Tidak berhenti disitu, letak Indonesia juga diapit langsung oleh dua samudra yang sangat penting dalam jalur perdagangan dunia yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak yang strategis tersebut membuat bangsa Indonesia dipengaruhi oleh banyak kebudayaan dari luar sehingga meningkatkan keberagaman yang ada.

2. Kondisi Alam

Perbedaan kondisi alam di setiap wilayah Indonesia juga membuat keberagaman di Indonesia semakin kompleks. Di mana ada banyak budaya dan suku yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

3. Transportasi dan Komunikasi

Perkembangan transportasi dan komunikasi mempengaruhi interaksi antar masyarakat yang berdampak pada keberagaman bangsa Indonesia.

Keberagaman ini bisa tercipta karena tidak semua wilayah di Indonesia memiliki akses transportasi dan juga komunikasi yang sama dengan wilayah lainnya.

4. Sejarah

Sejarah merupakan salah satu faktor yang membuat bangsa Indonesia memiliki keberagaman yang luar biasa. Tiap wilayah di Indonesia memiliki perjalanan sejarahnya sendiri.

Hal ini juga dipengaruhi oleh berbagai kerajaan yang berdiri di Indonesia. Misalnya wilayah yang dipengaruhi oleh kerajaan Islam akan berbeda dengan wilayah yang dipengaruhi Kerajaan Hindu Buddha.

Cara Menjaga Persatuan di Indonesia

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ryoji Iwata
Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ryoji Iwata

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk menjaga persatuan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengembangkan toleransi di antara masyarakat, di mana toleransi merupakan sikap saling menghormati perbedaan antar sesama warga negara.

  2. Menumbuhkan rasa cinta budaya sendiri juga bisa dilakukan untuk menjaga persatuan. Mencintai budaya sendiri juga menjadi bagian dari identitas bangsa.

  3. Tidak menyebarkan hoax atau berita palsu juga menjadi bagian dari cara menjaga persatuan bangsa. Karena pada dasarnya hoax bisa menjadi pemicu perpecahan dan konflik.

Baca juga: 6 Bentuk Keberagaman Karakteristik Fisik dan Manfaatnya

Itulah penjelasan mengenai faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia dan cara menjaga persatuan. Semoga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menyikapi keberagaman dengan baik. (WWN)

https://kumparan.com/berita-terkini/4-faktor-penyebab-keberagaman-masyarakat-indonesia-dan-cara-menjaga-persatuan-22FPFWaqF7q

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations