4 Peran dan Fungsi Keragaman Budaya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi peran dan fungsi keragaman budaya. Sumber: pexels/pixabay
Ilustrasi peran dan fungsi keragaman budaya. Sumber: pexels/pixabay

Indonesia adalah negara yang penuh dengan keragaman, baik ras, suku, agama, budaya, dan banyak lagi. Keragaman budaya menjadi keunikan tersendiri. Salah satu peran dan fungsi keragaman budaya adalah untuk mengembangkan budaya nasional.

Keragaman budaya adalah kondisi masyarakat yang heterogen yang mampu memberikan manfaat bagi bangsanya. Keragaman budaya dapat diketahui dari tariannya, pakaian adatnya, upacara tradisionalnya, dan lain-lain.

Peran dan Fungsi Keragaman Budaya

Ilustrasi peran dan fungsi keragaman budaya. Sumber: pexels/pixabay
Ilustrasi peran dan fungsi keragaman budaya. Sumber: pexels/pixabay

Salah satu peran dan fungsi keragaman budaya adalah memupuk rasa toleransi dan persatuan. Mengutip buku Penunjang Mata Pelajaran IPS kelas VIII, oleh Drs. Dg. Mapata, M.M. (2017), Ada empat fungsi dan peran keragaman budaya di Indonesia yang dapat dikemukakan sebagai berikut:

1. Sebagai Daya Tarik Masuknya Wisatawan Asing ke Indonesia

Sebagai salah satu negara yang mengandalkan sektor pariwisata, adanya keragaman budaya menjadi salah satu kunci penting keberhasilan capaian kunjungan wisatawan asing.

Wisatawan asing senang untuk menyaksikan seni budaya Indonesia yang beragam. Sebagai contoh mereka akan melihat tarian di Keraton Yogyakarta, mengunjungi rumah adat Toraja di Sulawesi, atau menyaksikan upacara adat Pasola di Sumba.

Banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke daerah untuk menyaksikan keragaman budaya tersebut akan membantu kegiatan perekonomian daerah.

2. Sebagai Pengembangan Kebudayaan Nasional

Kebudayaan nasional merupakan puncak dari kebudayaan-kebudayaan daerah. Sebagai contoh, dahulu batik identik dengan budaya Jawa. Namun, saat ini batik tidak hanya ada di Jawa, melainkan sudah diadopsi oleh banyak tempat di Indonesia.

Batik akhirnya menjadi budaya dan identitas nasional. Semua warga negara, tidak hanya orang Jawa, bangga memakai batik. Bahkan, saat berkunjung ke luar negeri pun batik dianggap sebagai identitas yang menunjukkan ke-Indonesiaannya.

3. Untuk Saling Melengkapi Hasil Budaya

Kebudayaan berasal dari pemikiran manusia yang jauh dari sempurna. Oleh karena itu, keberagaman budaya menjadikan masing-masing budaya saling mengisi dan melengkapi. Sebagai contoh musik angklung berasal dari Sunda. Namun, saat dipadukan dengan gamelan dan lagu-lagu Jawa akan tercipta musik yang indah.

4. Sebagai Pendorong Inovasi Kebudayaan

Kebudayaan daerah yang berbeda-beda saat dipadukan akan menciptakan inovasi kebudayaan baru yang tak kalah menarik dan indah. Sebagai contoh, dulu masyakarat mengenakan pakaian adat masing-masing, misalnya kebaya dipakai orang Jawa.

Seiring berjalannya waktu, kebaya pun mengalami penyesuaian mode sehingga tercipta kebaya modern yang bisa dipadukan dengan outfit masa kini.

Baca Juga: Keragaman Suku Bangsa dan Fungsinya dalam Mempertahankan Keutuhan Bangsa

Demikian empat peran dan fungsi keragaman budaya. Selamat melestarikan budaya daerah. Semoga Indonesia mampu mempertahankan eksistensi di dunia internasional baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang.

(ARD)

https://kumparan.com/berita-terkini/4-peran-dan-fungsi-keragaman-budaya-2105SAtjIwO

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations