5 Alasan Mata Kuliah ISBD Penting dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Menurut Anda, Mengapa Mata Kuliah ISBD Menjadi Penting dalam Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi Sumber Unsplash/Rumah ZIS UGM
Ilustrasi Menurut Anda, Mengapa Mata Kuliah ISBD Menjadi Penting dalam Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi Sumber Unsplash/Rumah ZIS UGM

Menurut Anda, mengapa mata kuliah ISBD menjadi penting dalam proses pendidikan di perguruan tinggi? Sebagian mahasiswa belum berhasil menjawab soal ini dengan benar.

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) merupakan salah satu mata kuliah dasar di perguruan tinggi. ISBD adalah ilmu yang menelaah masalah-masalah sosial dan budaya dalam masyarakat.

Menurut Anda, Mengapa Mata Kuliah ISBD Menjadi Penting dalam Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi?

Ilustrasi Menurut Anda, Mengapa Mata Kuliah ISBD Menjadi Penting dalam Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi Sumber Unsplash/Ammar Andiko
Ilustrasi Menurut Anda, Mengapa Mata Kuliah ISBD Menjadi Penting dalam Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi Sumber Unsplash/Ammar Andiko

Secara akademis, mata kuliah ISBD penting dalam pembinaan mahasiswa. Dikutip dari buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar untuk Kesehatan, Asep Achmad Hidayat (2015:17), berikut adalah jawaban untuk pertanyaan, menurut Anda, mengapa mata kuliah ISBD menjadi penting dalam proses pendidikan di perguruan tinggi.

1. ISBD akan memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi mahasiswa tentang konsep-konsep atau beberapa teori dari ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu budaya.

Dengan didapatkannya wawasan seperti ini, seorang mahasiswa atau sarjana akan memiliki keterampilan sebagai bekal hidupnya.

2. Mengembangkan kesadaran mahasiswa untuk menguasai pengetahuan tentang keragaman dan kesetaraan manusia, sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Membina mahasiswa untuk menjadi warga masyarakat dan warga negara yang baik, yaitu pendidikan yang berkenaan dengan pengembangan keseluruhan kepribadian seseorang dalam kaitannya dengan masyarakat dan lingkungan hidup.

4. Mahasiswa akan dilatih berpikir serius untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial dan budaya di tengah masyarakat.

Dengan cara seperti ini, seorang mahasiswa dari jurusan apa pun akan menjadi peduli terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat di sekitarnya.

5. Setelah dilatih berpikir serius, mahasiswa akan mampu berpikir kritis. Berpikir kritis ini penting dimiliki oleh mahasiswa dari perguruan tinggi mana pun, karena mahasiswa merupakan agen perubahan.

Jika seorang mahasiswa tidak dibiasakan berpikir kritis, maka ia tidak akan mampu menyelesaikan persoalan-persoalan sosial di dalam lingkungan masyarakat.

Sikap kritis, peka, dan arif pada mahasiswa harus berlandaskan pada nilai estetika, etika, moral, dan hukum dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga: Perbedaan Pembelajaran di SMA dengan Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Menurut Anda, mengapa mata kuliah ISBD menjadi penting dalam proses pendidikan di perguruan tinggi? Disajikannya mata kuliah ISBD, penting untuk membina mahasiswa agar mengetahui masalah sosial dan budaya di masyarakat.(DK)

https://kumparan.com/berita-terkini/5-alasan-mata-kuliah-isbd-penting-dalam-pendidikan-di-perguruan-tinggi-22YSSFUqdcw

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations