5 Amal Jariyah yang Pahalanya Tidak Terputus dalam Islam
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi untuk Memperbanyak Tadarus dan Bersedekah Termasuk Amalan. Sumber: Unsplash/Rachid Oucharia
Ilustrasi untuk Memperbanyak Tadarus dan Bersedekah Termasuk Amalan. Sumber: Unsplash/Rachid Oucharia

Memperbanyak tadarus dan bersedekah termasuk amalan jariyah. Setiap muslim pasti ingin mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya agar bisa masuk surga. Ada banyak perbuatan positif yang akan diganjar dengan pahala, misalnya tadarus.

Amal jariyah adalah perbuatan baik yang pahalanya akan terus mengalir untuk pelakunya. Bahkan, pahala ini tidak terputus meskipun pelakunya telah meninggal dunia.

Memperbanyak Tadarus dan Bersedekah Termasuk Amalan Jariyah

Ilustrasi untuk Memperbanyak Tadarus dan Bersedekah Termasuk Amalan. Sumber: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi untuk Memperbanyak Tadarus dan Bersedekah Termasuk Amalan. Sumber: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Dikutip dari Fadha`il Al-A'mal Al-Mufadhdhalah: Keutamaan Amal-Amal Utama, El-Rasheed (2023:1), hidup adalah untuk beribadah kepada Allah Swt. Bagi umat Islam, hidup merupakan kesempatan untuk mengumpulkan bekal untuk menjalani kehidupan di akhirat.

Jika ingin bahagia di akhirat, manusia harus mengumpulkan banyak pahala semasa masih hidup. Ketika telah meninggal, manusia sudah tidak bisa lagi beramal. Namun, ada amal yang tidak akan terputus pahalanya meskipun manusia sudah meninggal, yaitu amal jariyah.

Memperbanyak tadarus dan bersedekah termasuk amalan jariyah. Selain itu, masih ada beberapa bentuk amal jariyah lainnya sebagai berikut.

1. Ilmu yang Bermanfaat

Salah satu bentuk amal jariyah adalah ilmu yang bermanfaat. Contohnya, jika ada seseorang yang mengajarkan ilmu yang memberikan manfaat pada orang lain, maka pahala dari ilmu tersebut akan terus mengalir.

2. Doa dari Anak Saleh dan Salihah

Bentuk amal jariyah lainnya adalah doa dari anak saleh dan salihah. Orang tua harus bisa mendidik anak-anaknya dengan nilai agama dan akhlak mulia sehingga akan mendapatkan pahala. Pahala ini akan terus mengalir, bahkan saat orang tua telah tiada.

3. Memberikan Al-Quran

Memberikan Al-Quran kepada orang lain juga merupakan bentuk amal jariyah. Al-Quran adalah kitab suci umat Islam dan yang membacanya akan mendapat pahala. Jika bersedekah Al-Quran, setiap Al-Quran tersebut dibaca maka pahalanya akan mengalir ke pemberi sedekah.

4. Membangun Masjid

Bentuk amal jariyah berikutnya adalah membangun masjid. Masjid merupakan tempat ibadah, sehingga orang yang membangun masjid akan mendapatkan pahala, bahkan ketika orang tersebut sudah meninggal.

5. Membangun Sekolah

Selain membangun masjid, membangun sekolah juga merupakan bentuk amal jariyah. Dengan adanya gedung sekolah, akan semakin banyak orang yang bisa mengenyam pendidikan. Pendidikan tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan sehingga orang yang ikut membangun sekolah akan mendapatkan pahala.

Baca juga: Penjelasan Arti Sedekah dan Tips Rajin Bersedekah

Jadi, memperbanyak tadarus dan bersedekah termasuk amalan jariyah. Kerjakan juga perbuatan positif lainnya dengan rasa ikhlas agar mendapatkan pahala. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/5-amal-jariyah-yang-pahalanya-tidak-terputus-dalam-islam-22Q256RalQF

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations