5 Contoh Penerapan Pancasila pada Masa Orde Baru
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi jelaskan mengenai penerapan Pancasila pada masa orde baru, sumber foto: pexels.com/Dio Hasbi Saniskoro
Ilustrasi jelaskan mengenai penerapan Pancasila pada masa orde baru, sumber foto: pexels.com/Dio Hasbi Saniskoro

Jika menemukan pertanyaan jelaskan mengenai penerapan Pancasila pada masa orde baru, maka seseorang perlu mempelajari kembali sejarah. Tepatnya pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto yaitu dari tahun 1966 hingga 1998.

Pada masa itu Pancasila benar-benar kuat keberadaannya, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menekankan penerapan Pancasila di masyarakat. Hal tersebut dilakukan untuk memulihkan kekacauan Indonesia setelah era Presiden Soekarno.

Jelaskan Mengenai Penerapan Pancasila pada Masa Orde Baru!

Ilustrasi jelaskan mengenai penerapan Pancasila pada masa orde baru, sumber foto: pexels.com/Irgi Nur Fadil
Ilustrasi jelaskan mengenai penerapan Pancasila pada masa orde baru, sumber foto: pexels.com/Irgi Nur Fadil

Dikutip dari buku Api Sejarah karya Ahmad Mansur Suryanegara dan Nia Kurniawati, (2017) dijelaskan bahwa Pancasila merupakan ideologi bagi bangsa Indonesia. Sehingga Pancasila harus benar-benar diamalkan oleh seluruh bangsa Indonesia.

Masa orde baru sendiri dimulai ketika Soeharto ditetapkan menjadi presiden melalui TAP. No. XXXIII/MPR/1967. Pada masa itu ada peran besar dari Angkatan Darat yang membuat Soekarno harus menanggalkan jabatannya sebagai presiden.

Sejak kepemimpinan Soeharto, sistem politik yang berkembang di Indonesia ikut berubah. Yang awalnya adalah demokrasi terpimpin berubah menjadi demokrasi liberal. Namun perubahan tersebut tentunya mendapatkan penolakan karena dinilai tidak sesuai dengan Pancasila.

Pada masa orde baru pemerintah berusaha untuk melaksanakan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 secara murni dan konsekuen. Karena pada masa sebelumnya penerapan Pancasila dianggap tidak sesuai.

Lalu bagaimana jawaban dari pertanyaan jelaskan mengenai penerapan Pancasila pada masa orde baru? Pada masa orde baru salah satu program untuk menerapkan Pancasila dengan baik adalah program P4.

P4 merupakan program pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila. Ada beberapa metode yang digunakan pemerintah untuk membuat masyarakat benar-benar memahami dan mengamalkan Pancasila.

Misalnya adalah melakukan pengajaran P4 di sekolah-sekolah kemudian Presiden Soeharto juga memperbolehkan rakyat membentuk organisasi-organisasi dengan syarat berasaskan Pancasila.

Presiden Soeharto juga melarang kritikan dari masyarakat yang menjatuhkan pemerintah dengan alasan stabilitas negara. Selain itu masih ada beberapa program lain yang dijalankan oleh pemerintah.

Untuk contoh penerapan Pancasila pada masa orde baru sendiri ada beberapa, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencanangkan program keluarga berencana (KBI)

  2. Mencanangkan program wajib belajar

  3. Mengendalikan media massa melalui SIUP

  4. Melarang kegiatan politik di kampus

  5. Melakukan pelarangan budaya Tionghoa.

Baca juga: Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sosial Budaya yang Berkembang Sampai Sekarang

Jadi itu adalah pembahasan mengenai jawaban dari pertanyaan jelaskan mengenai penerapan Pancasila pada masa orde baru. (WWN)

https://kumparan.com/berita-terkini/5-contoh-penerapan-pancasila-pada-masa-orde-baru-20uBwIHudHj

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations