5 Contoh Praktik Penerapan Sila Keempat dalam Lingkungan Sekolah
Oleh Berita Terkini
Contoh praktik penerapan sila keempat dalam lingkungan sekolah. Sumber: pexels.com
Contoh praktik penerapan sila keempat dalam lingkungan sekolah. Sumber: pexels.com

Menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang wajib dilakukan setiap warga negara. Termasuk di lingkungan sekolah. Itulah sebabnya, ada banyak sekali contoh praktik penerapan sila keempat dalam lingkungan sekolah.

Melalui contoh-contoh tersebut, secara tidak langsung, siswa telah ditanamkan nilai-nilai kebangsaan. Dengan begitu, diharapkan siswa juga dapat mempraktikkan sila Pancasila lainnya, baik di lingkungan sekolah maupun keluarga dan masyarakat.

Contoh Praktik Penerapan Sila Keempat dalam Lingkungan Sekolah

Contoh praktik penerapan sila keempat dalam lingkungan sekolah. Sumber: pexels.com
Contoh praktik penerapan sila keempat dalam lingkungan sekolah. Sumber: pexels.com

Mengutip dari Satu-Satunya Ideologi Bangsa Indonesia dan Amanat Pembukaan UUD 1945 Satu-Satunya Landasan Konstitusional Negara Kesatuan Republik Indonesia, Junias Marvel Lumban Tobing (2021:40), Pancasila adalah ideologi bangsa dan dasar negara Indonesia serta menjadi landasan keputusan bangsa Indonesia yang mencerminkan kepribadian bangsa dan sebagai dasar dalam mengatur pemerintahan negara.

Adapun berbagai contoh praktik penerapan sila keempat dalam lingkungan sekolah yang bisa dilakukan siswa adalah sebagai berikut.

1. Menerima Pendapat Teman

Contoh penerapan sila keempat pertama yang bisa dilakukan siswa saat di sekolah adalah menerima pendapat teman. Baik saat belajar kelompok atau dalam situasi lainnya.

Artinya, penting bagi setiap individu untuk mau mendengarkan dan menerima masukan dari teman. Sikap seperti ini menandakan bahwa siswa tidak egois dan selalu mengutamakan keinginan sendiri.

2. Memberi Kesempatan pada Orang Lain Mengungkapkan Pendapat

Dalam tugas diskusi, tak jarang siswa ingin pendapatnya lebih diutamakan karena merasa paling benar. Tentu saja sikap ini tidak sesuai dengan sila keempat Pancasila. Sebab, setiap individu memiliki pola pikir berbeda yang bisa saling bertentangan.

Maka dari itu, sebaiknya dalam melakukan musyawarah, siswa memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengungkapkan pendapat.

3. Menghormati Hasil Musyawarah

Dalam proses diskusi, baik pada kelompok atau kelas, siswa juga harus menghormati dan menghargai hasil musyawarah yang sudah disepakati oleh semua anggota.

4. Mendengarkan Masukan Guru

Sebagai pembimbing di sekolah, guru juga memiliki hak untuk menyampaikan pendapat kepada siswa, khususnya yang berkaitan dengan proses belajar. Jadi, sangat penting bagi siswa untuk berlapang dada dan mau mendengarkan setiap masukan yang diberikan.

5. Mendahulukan Kepentingan Kelompok

Ketika mengerjakan sesuatu secara berkelompok, sangat penting untuk tidak bersikap egois dan hanya mau didengarkan. Hal ini karena setiap keputusan yang dibuat dan dilakukan harus demi kepentingan bersama.

Baca Juga: 5 Contoh Implementasi Sila Ke-5 Pancasila

Jadi, itu dia lima contoh praktik penerapan sila keempat dalam lingkungan sekolah yang wajib diterapkan oleh setiap siswa. (Anne)

https://kumparan.com/berita-terkini/5-contoh-praktik-penerapan-sila-keempat-dalam-lingkungan-sekolah-217dlVVhfcR

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations